Internalisasi pendidikan karakter melalui program Tata Krama Siswa (TKS) dalam membentuk sopan santun peserta didik di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suraida, Asvia (2021) Internalisasi pendidikan karakter melalui program Tata Krama Siswa (TKS) dalam membentuk sopan santun peserta didik di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asvia Suraida_F02319041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Praktek pendidikan karakter yang diadakan disekolah baru menyentuh tingkatan pengenalan nilai, belum pada tingkatan internalisasi serta tindakan nyata dalam keseharian yang berdampak pada bergesernya nilai-nilai kesopanan peserta didik, terlihat dari praktek sopan santun peserta didik yang memudar. Karena itu, penelitian ini dilakukan di MTs Darul Ulum yang melakukan revitalisasi pendidikan berinovasi merealisasikan program TKS dalam menginternalisasikan pendidikan karakter. Rumusan masalah dalam penelitian ini, meliputi: 1). Apa saja nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan pada peserta didik melalui program TKS di MTs Darul Ulum, 2). Bagaimana proses internalisasi pendidikan karakter melalui program TKS dalam membentuk sopan santun peserta didik di MTs Darul Ulum?, 3). Bagaimana dampak internalisasi pendidikan karakter melalui program TKS dalam membentuk sopan santun peserta didik di MTs Darul Ulum?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan: (1) Nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan pada peserta didik melalui program TKS meliputi: nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. (2) Proses internalisasi pendidikan karakter melalui program TKS dalam membentuk sopan santun peserta didik di MTs Darul Ulum, guru/team TKS memberikan materi terkait nilai-nilai karakter, membiasakan peserta didik dengan budaya sekolah 5 “S” dan kegiatan pembiasaan yang terintegrasi dalam program TKS seperti kajian kitab Akhlaq Lil Banin, dan lain sebagainya. (3) Dampak internalisasi pendidikan karakter melalui program TKS dalam membentuk sopan santun peserta didik dapat dikatakan baik, terlihat dari kesantunan peserta didik dalam berbahasa, menggunakan bahasa yang baik dan merendahkan suara serta kesopanan peserta didik dalam berperilaku, seperti mencium tangan guru, berjalan dengan merunduk, berseragam rapi lengkap dengan atribut sekolah, bersikap dan berperilaku baik dimanapun dan kapanpun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suraida, Asviaasviasuraida7@gmail.comF02319041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, M. Yunus Abuelyunusy@gmail.com2015026502
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhri@uinsby.ac.id2011077202
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Internalisasi Pendidikan Karakter; Program Tata Krama Siswa; Sopan Santun Peserta Didik.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asvia Suraida
Date Deposited: 07 Sep 2021 13:24
Last Modified: 07 Sep 2021 13:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50251

Actions (login required)

View Item View Item