Integrasi pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK) MAN 4 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umami, Kartika Nur (2021) Integrasi pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK) MAN 4 Jombang. Masters thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text (dalam proses penerbitan jurnal Sinta 2)
Kartika Nur Umami_F02319053.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 October 2022.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini, bahwa mata pelajaran aqidah akhlak tidak hanya sekedar menuntut menghapal sejumlah materi yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut, akan tetapi menekankan penghayatan keimanan dalam kehidupan sehari-hari. Harapannya, aqidah yang dipelajari berimbas pada amal perbuatan yang baik pada peserta didik. Tentunya untuk mencapai tujuan tersebut perlu adanya perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang baik dari pengelola lembaga pendidikan itu sendiri. Dengan melakukan integrasi keilmuan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Perencanaan Integrasi Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK) MAN 4 Jombang, Bagaimana Pelaksanaan Proses Integrasi Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK) MAN 4 Jombang, Apa saja Faktor Penghambat dan Pendukung Integrasi Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK) MAN 4 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan tiga metode; yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisa data yang dipakai meliputi; reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan integrasi pembelajaran aqidah akhlak dilakukan dengan integrasi buku pegangan, materi pembelajaran, dan penunjang pembelajaran. (2) Proses integrasi pembelajaran aqidah akhlak selama di sekolah, menggunakan bahasa pengantar bahasa Arab, bahkan buku pegangan peserta didik juga berbahasa Arab. Sedangkan untuk pembelajaran di asrama menggunakan kitab kuning sebagai penunjang pembelajaran di sekolah. (3) Faktor penghambat dan pendukung dalam integrasi pembelajaran aqidah akhlak adalah waktu pembelajaran aqidah akhlak di sekolah yang terbatas. Namun dengan adanya pembelajaran sore di asrama, dapat mendukung pembelajaran aqidah akhlak yang terbatas di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umami, Kartika Nurkartikanur242@gmail.comF02319053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo,com197011202000031002
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Keywords: Pembelajaran; Aqidah Akhlak; Integrasi.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Umami Kartika Nur
Date Deposited: 07 Sep 2021 13:05
Last Modified: 02 Oct 2021 13:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50254

Actions (login required)

View Item View Item