Pengaruh pendidikan, kompetensi, disiplin dan kesejahteraan karyawan terhadap kinerja karyawan Supermarket Sakinah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saidah, Maslahatus (2021) Pengaruh pendidikan, kompetensi, disiplin dan kesejahteraan karyawan terhadap kinerja karyawan Supermarket Sakinah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maslahatus Saidah_F02417128.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam Islam kesejahteraan tidak hanya diukur dari terpenuhinya kebutuhan materi saja, melainkan juga terpenuhinya kebutuhan spiritual. Melihat dari fakta yang ada, maka dengan upaya yang telah dilakukan oleh perusahaan diharapkan dapat menjadikan kinerja karyawan Supermarket Sakinah semakin baik kedepannya. Oleh karenya peneliti tertarik untuk meneliti bagaimanakah pengaruh antara pendidikan, kompetensi, disiplin, dan kesejahteraan karyawan terhadap kinerja karyawan Supermarket Sakinah. Tesis ini menggunakan penelitian kuantitatif untuk menguji teori-teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antar variabel. Untuk populasi karyawan pada Supermarket Sakinah ini berjumlah 44 orang. Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari empat variabel independen dan 1 variabel dependen. Berdasarkan hasil hitungan statistik, hasil dari penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh secara persial pada variabel kompetensi (X2) dan variabel kesejahteraan (X4). Pertama, pada variabel kompetensi (X2) terhadap kinerja karyawan (Y) di Supermarket Sakinah Surabaya. Diperoleh hasil dengan nilai thitung sebesar 3,855 > ttabel sebesar 2,021. Oleh karena nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (3,855 > 2,021), maka hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh positif. Kedua, pada variabel kesejahteraan karyawan (X4) terhadap kinerja karyawan (Y) di Supermarket Sakinah Surabaya. Diperoleh hasil bahwa nilai thitung sebesar 3,570 > ttabel sebesar 2,021. Oleh karena nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (3,570 > 2,021), maka hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh positif. 2) Adapun besarnya persentase sumbangan yang diberikan oleh keempat variabel independen yakni pendidikan (X1), kompetensi (X2), disipli (X3) dan kesejahteraan karyawan (X4) terhadap variabel dependen yakni kinerja karyawan (Y) dapat dilihat pada nilai R square (Lihat tabel 4.14). R square menunjukkan nilai sebesar 0.656 atau 65,6%. Hal ini menunjukkan persentase sumbangan pengaruh variabel independen (tingkat pendidikan, kompetensi, disiplin dan kesejahteraan karyawan) mampu menjelaskan sebesar 65,6% variasi variabel dependen (kinerja karyawan), sedangkan sisanya sebesar 34,4% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. 3) Variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi kinerja karyawan di Supermarket Sakinah Surabaya adalah variabel kompetensi. Pendidikan, kompetensi, disiplin dan kesejahteraan karyawan secara keseluruhan mempunyai pengaruh dalam meningkatkan kinerja karyawan pada Supermarket Sakinah Surabaya. Ada kiranya agar karyawan tetap mempertahankan sikap kompetensiya, guna menunjang kinerja karyawan pada Supermarket Sakinah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saidah, Maslahatusmaslahatuss@gmail.comF02417128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRitonga, Iskandariskandarritonga@yahoo.com/iskandarritonga999@gmail.com2015066502
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Ekonomi
Sumber Daya Manusia
Keywords: Kompetensi; Disiplin; Kesejahteraan; Kinerja.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Saidah Maslahatus
Date Deposited: 16 Sep 2021 10:25
Last Modified: 16 Sep 2021 10:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50286

Actions (login required)

View Item View Item