Pengaruh literasi digital dalam penggunaan media e-learning Madrasah terhadap kualitas hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTsN 1 Pasuruan.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mokhtar, Mokhtar (2021) Pengaruh literasi digital dalam penggunaan media e-learning Madrasah terhadap kualitas hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTsN 1 Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mokhtar_D91217113.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dipergunakan untuk mengetahui pengaruh literasi digital dalam penggunaan media e-learning madrasah terhadap kualitas hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTsN 1 Pasuruan. Dengan formulasi masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana literasi digital siswa dalam penggunaan media pembelajaran E-learning Madrasah pada materi Fiqih kelas VIII di MTs Negeri 1 Pasuruan? (2) Bagaimana kualitas hasil belajar siswa pada materi fiqih di kelas VIII MTs Negeri 1 Pasuruan? (3) Adakah pengaruh literasi digital dalam penggunaan media E-learning madrasah terhadap kualitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Negeri 1 Pasuruan?. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data diperoleh dari observasi, wawancara, pengumpulan data angket, dan dokumentasi dari nilai-nilai. Data dianalisa dengan menggunakan rumus presentase statistika, distribusi frekuensi, analisa t-test dua sampel menggunakan SPSS, dan analisis regresi linier sederhana menggunakan SPSS. Populasi pada penelitian berjumlah 352 siswa. Dari keseluruhan populasi tersebut peneliti mengambil sampel menggunakan teknik random sampling yaitu dipilih secara acak. Besarnya sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dan mendapatkan sebesar 78 siswa atau responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital siswa kelas VIII MTsN 1 Pasuruan termasuk dalam kategori cukup baik karena hasil menunjukkan sebanyak 74,51% dan berada pada interval 55% - 75%. Dari situ juga berpengaruh terhadap peningkatan kualitas hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata nilai pada saat sebelum diberi perlakuan sebesar 82,85897, kemudian setelah media e-learning resmi digunakan dan siswa diberi literasi digital, nilai hasil rata-rata peserta didik meningkat menjadi 90,03846. Hal ini memberi petunjuk bahwa literasi digital siswa dapat memberi pengaruh hasil belajar yang baik dan menunjukkan peningkatan. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan perhitungan analisis regresi linier sederhana, dapat diambil kesimpulan bahwa perhitungan t dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 dengan N=78 diperoleh perhitungan thitung sebesar 6,480 , sedangkan untuk ttabel dengan taraf signifikan yang sama yaitu 5% atau 0,05 dengan N=78 diperoleh ttabel 1,995. Dari sini diketahui, bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel ( 6,480 > 1,995) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa literasi digital berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mokhtar, Mokhtarmokhtarhaven27@gmail.comD91217113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, M.mustofahuda819@gmail.com2012025701
Thesis advisorTolchah, Moch.mochtolchah@yahoo.com2005035301
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Literasi digital; e-learning; kualitas hasil belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mokhtar mokhtar
Date Deposited: 11 Sep 2021 08:56
Last Modified: 11 Sep 2021 08:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50288

Actions (login required)

View Item View Item