Pengaruh rasio likuiditas, profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan dalam memprediksi financial distress pada perusahaan subsektor konstruksi dan bangunan yang tercatat di BEI periode 2017-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susanti, Alisyiah Ema (2021) Pengaruh rasio likuiditas, profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan dalam memprediksi financial distress pada perusahaan subsektor konstruksi dan bangunan yang tercatat di BEI periode 2017-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alisyiah Ema Susanti_G03217007.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah ekonomi mulai dari adanya perang dagang antara Amerika dengan China hingga naiknya suku bunga pinjaman serta pesta pemilu yang berdampak pada penurunan pendapatan perusahaan konstruksi. Selain permasalahan ekonomi tersebut, terdapat hasil penelitian-penelitian sebelumnya yang tidak konsisten terhadap financial distress sehingga skripsi ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan menjawab rumusan masalah mengenai pengaruh variabel rasio likuiditas, profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan dalam memprediksi financial distress perusahaan subsektor konstruksi dan bangunan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan memakai data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan studi kasus yang diperoleh dari financial report dari setiap perusahaan kosntruksi dan bangunan yang dijadikan sebagai objek beserta data pendukung lainnya yang berasal dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ketiga rasio keuangan yakni likuiditas, profitabilitas dan leverage berpengaruh terhadap financial distress, dengan masing-masing hasil sebagai berikut : Likuiditas yang diproyeksikan memakai Current Ratio dengan hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial distress, Profitabilitas yang diproyeksikan memakai Return On Asset dengan hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial distress, dan Leverage yang diproyeksikan memakai Debt to Asset Ratio dnegan hasil berpengaruh negatif dan signifikan terhadap financial distress. Sementara untuk ukuran perusahaan yang diroyeksikan memakai logaritma total aset tidak berpengaruh terhadap financial distress.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susanti, Alisyiah Emaemaalisyiah@gmail.comG03217007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiawati, Riska Ayuriska.ayu@uinsby.ac.id199305032019032020
Subjects: Keuangan > Keuangan - Manajemen
Keywords: Financial Distress; Likuiditas; Profitabilitas; Leverage dan Ukuran Perusahaan.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Alisyiah Ema Susanti
Date Deposited: 10 Sep 2021 08:44
Last Modified: 10 Sep 2021 08:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50296

Actions (login required)

View Item View Item