Pengaruh desain kerja dan efektivitas kerja terhadap kinerja karyawan: studi PT. Semen Indonesia Persero Tbk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofiyono, Akhmad Aries (2021) Pengaruh desain kerja dan efektivitas kerja terhadap kinerja karyawan: studi PT. Semen Indonesia Persero Tbk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhmad Aries Shofiyono_G03217005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode Key Performance Indicator (KPI) dapat digunakan untuk mengukur kinerja karyawan dalam suatu perusahaan. Key Performance Indicator tahun 2019 PT. Semen Indonesia Persero Tbk masih tinggi presentase tidak memenuhi target, yang mengartikan bahwa terdapat faktor penyebab tidak tercapainya kinerja karyawan. Diduga desain kerja serta efektivitas kerja menjadi penyebab dari tidak tercapainya kinerja karyawan tersebut. Selain itu, masih terdapat tidak konsistenya hasil penelitian yang dilakukan sebelumnya terhadap hasilnya. Sehingga skripsi ini adalah hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan menjawab rumusan masalah mengenai pengaruh dari desain kerja dan efektivitas kerja terhadap kinerja karyawan dengan studi kasus pada PT. Semen Indonesia Persero Tbk baik melalui pengujian secara parsial maupun secara simultan. Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, wawancara serta studi dokumentasi dari data-data yang tersedia. Populasi dari penelitian ini didasarkan pada data Key Performance Indicator PT. Semen Indonesia Persero Tbk tahun 2019. Untuk sampel penelitian yakni sebagian dari karyawan PT. Semen Indonesia Persero Tbk yang diambil sesuai dengan teknik sampling purposive. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, maka karyawan yang dijadikan sebagai objek penelitian harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Adapun pengujian yang digunakan yaitu mulai dari pengujian pada kuesioner penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya dilakukan dengan analisis data dimulai dengan uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji simultan (uji f) dan uji koefisien determinasi. Dalam tahap pengujian, peneliti menggunakan SPSS versi 25 untuk melakukan uji statistik tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh dari pengujian yang telah dilakukan memperoleh hasil bahwa desain kerja berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan, efektivitas kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil dari desain kerja yang tidak signifikan diduga disebabkan oleh keterbatasan peneliti dalam mengambil sampel penelitian yang mana hasilnya menjadikan tidak dapat mewakili jumlah populasi penelitian serta terdapat pencapaian target KPI yang masih dibawah standar. Sementara yang terakhir yakni secara simultan desain kerja dan efektivitas kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Semen Indonesia Persero Tbk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofiyono, Akhmad Ariesakhmadaries03@gmail.comG03217005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiawati, Riska Ayuriska.ayu@uinsby.ac.id199305032019032020
Subjects: Manajemen
Sumber Daya Manusia
Keywords: Desain Kerja; Efektivitas Kerja; Kinerja Karyawan.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Akhmad Aries Shofiyono
Date Deposited: 10 Sep 2021 08:41
Last Modified: 10 Sep 2021 08:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50297

Actions (login required)

View Item View Item