Analisis upaya pemerintah daerah dalam mengoptimalkan barang milik daerah guna meningkatkan pendapatan asli daerah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Helvina Tiara Widya (2020) Analisis upaya pemerintah daerah dalam mengoptimalkan barang milik daerah guna meningkatkan pendapatan asli daerah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabya.

[img] Text
Helvina Tiara Widya Putri_G01216011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana upaya pemerintah daerah dalam mengoptimalkan barang milik daerah dan guna meningkat pendapatan asli daerah di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi pada objek. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu Kepala Badan, Bagian Bidang Aset dan Bagian Bidang Akuntansi dan Perbendaharaan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Upaya pemerintah daerah kabupaten Jombang dalam mengoptimalkan barang milik daerah dapat dikatakan efektif karena dari pemanfaatan sewa atau retribusi daerah pada tahun terakhir 2019 realisasi anggaran yang diperoleh mampu melampaui target anggaran yang ditentukan yaitu sebesar 103,30% sehingga dari hasil perolehan tersebut mampu berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan asli daerah kabupaten Jombang dan dalam pelaksanaannya sudah sesuai dengan peraturan yang ada. Namun dalam mengoptimalkan barang milik daerah sedikit memiliki kendala saat melakukan pengelolaan barang milik daerah dari segi pengadaan barang milik daerah yang masih kurang tepat sasaran dan masih kurangnya kontribusi antar Organisasi Perangkat Daerah, berdasarkan hasil wawancara ke beberapa informan bahwa upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengoptimalkan barang milik daerah yaitu (1)melakukan analisis RKBMD setiap tahunnya, (2)pembentukan tim dalam pelaksanaan pengelolaan BMD sesuai pada bidangnya, (3)menata penyusunan pemanfaatan dan pengadaan aset diseluruh OPD, (4)meningkatkan koordinasi disetiap masing-masing tim dan Organisasi Perangkat Daerah, dan (5)melakukan inventarisasi dalam arti melakukan pencatatan atau pendaftaran dari semua barang milik daerah. Peneliti menyarankan kepada Pemkab Jombang untuk terus meningkatkan kinerja dalam melakukan pemantauan terhadap pengadaan barang milik daerah agar lebih tepat sasaran dan mampu menunjang tugas pokok dan fungsi disetiap masing-masing OPD.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Helvina Tiara Widyahelvinatiara@gmail.comG01216011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitimusfiqohzuhroh@yahoo.co.id1976081320006042002
Subjects: Keuangan
Keywords: Upaya Pemerintah; Optimalisasi; Barang Milik Daerah; Pendapatan Asli Daerah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Helvina Tiara Widya Putri
Date Deposited: 24 Sep 2021 10:21
Last Modified: 24 Sep 2021 10:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50306

Actions (login required)

View Item View Item