Pengembangan kurikulum mata pelajaran Al-Qur'an Hadits pada program Sistem Kredit Semester 2 tahun di MAN 1 Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muthoharoh, Rosa (2021) Pengembangan kurikulum mata pelajaran Al-Qur'an Hadits pada program Sistem Kredit Semester 2 tahun di MAN 1 Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rosa Muthoharoh_D91217131.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam pelaksanaan kurikulum yang sukses, terdapat perencanaan kurikulum yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengembangan kurikulum mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada program Sistem Kredit Semester 2 Tahun di MAN 1 Pasuruan serta mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dan pendekatan yang dipakai adalah diskriptif-analisis yang metode pengumpulan datanya melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, pertama, pengembangan kurikulum mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada porgram Sistem Kredit Semester 2 Tahun dalam perencanaannya dimulai dengan menyususn perangkat-perangkat pembelajaran seperti kalender pendidikan, rincian pekan efektif, progran tahunan, program semester, analisis SK dan KD, silabus, dan RPP. Jarak tempuh merupakan sebuah patokan dalam penyesuaian penyususnan kurikulum pada program Sistem Kredit Semester 2 Tahun yang dimana hanya dua tahun dengan enam semester, dengan rincian satu semester sama dengan tiga sampai empat bulan. Dalam pelaksanaan kurikulum mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada program Sistem Kredit Semester 2 Tahun di MAN 1 Pasuruan meskipun terdapat kendala-kendala dalam implementasinya, namun dapat dikatakan cukup baik berdasarkan hasil penelitian. Pelaksanaan kurikulum mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada program Sistem Kredit Semester 2 Tahun di MAN 1 Pasuruan sudah sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya. Subject design centered merupakan desain yang dipakai untuk pengembangan kurikulum mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada program Sistem Kredit Semester 2 Tahun di MAN 1 Pasuruan. Dimana pusat dari desain tersebut adalah bahan ajar. Kurikulum mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada program Sistem Kredit Semester 2 Tahun ini dikembangkan oleh pihak sekolah dalam hal ini bidang kurikulum dan guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, model pengembangan ini disebut dengan model grass roots. Faktor pendukung pengembangan kurikulum mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada program Sistem Kredit Semester 2 Tahun di MAN 1 Pasuruan yakni kemampuan akademik siswa, pelayanan jasa guru yang intensif dan sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yakni keterbatasan waktu, dan kurang minatnya siswa terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muthoharoh, Rosarosa.muthoharoh11@gmail.comD91217131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Moch. Tolchahmochtolchah@yahoo.com2005035301
Thesis advisorHuda, M. Mustofamustofahuda819@gmail.com2012025701
Subjects: Kurikulum
Al Qur'an
Hadis
Keywords: Pengembangan Kurikulum; Pembelajaran Al-Qur’an Hadits; Sistem Kredit Semester 2 Tahun.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosa Muthoharoh
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:08
Last Modified: 17 Sep 2021 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50352

Actions (login required)

View Item View Item