تحليل الأخطاء الصوتية في قراءة القرآن الكريم لدي طلاب مدرسة القرآن مـنبع العلوم طوبان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Novia Rahmatul (2021) تحليل الأخطاء الصوتية في قراءة القرآن الكريم لدي طلاب مدرسة القرآن مـنبع العلوم طوبان. Undergraduate thesis, UIN sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novia Rahmatul Hidayah_A91217072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam mempelajari bahasa tidak lepas dari yang namanya kesalahan. Kesalahan fonologi adalah kesalahan yang terjadi pada bunyi bahasa arab yang meliputi harakatnya, penambahan huruf, penggantian huruf dan lain-lain. Dan kesalahan itu dapat menghambat suatu pembelajaran. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan fonologi dan sebab-sebabnya dalam membaca al qur’an siswa TPQ Manbaul Ulum Tuban. Objek kajian pada penelitian ini adalah siswa TPQ Manbaul Ulum Tuban. Sumber data berupa bacaan siswa TPQ Manbaul Ulum Tuban. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan cara melakukan pengumpulan data pada saat siswa membaca alquran kemudian mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam bacaan tersebut. Dan jenis penelitiannya adalah analisis kesalahan. Dari analisis kesalahan yang dilakukan, terdapat kesimpulan bahwa kesalahan-kesalahan fonologi dalam membaca al quran siswa TPQ Manbaul Ulum Tuban adalah 1) a.Kesalahan penggantian huruf satu dengan yang lain ada 15 kesalahan ( huruf ‘ain dengan hamzah ada 6, huruf syin dengan sin ada 1, huruf dhod dengan tho’ ada 1, huruf qof dengan kaf ada 3, huruf shod dan sin ada 1, huruf tho’ dengan ta’ ada 2 dan dzal dengan dal ada 1). b.Memanjangkan suara yang pendek ada 5. c.Serta memendekkan suara yang panjang ada 3. 2) Ada 9 kesalahan yang disebabkan penerapan aturan atau kurangnya praktek dan 14 kesalahan yang disebabkan kurangnya praktek dan terpengaruhnya bahasa ibu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Novia RahmatulHidayrahma@gmail.comA91217072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorEfendi, Nasikul Mustofanasihulme@gmail.com132101811755
Subjects: Anak
Al Qur'an
Keywords: Analisis Kesalahan; Fonologi.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Novia rahmatul hidayah
Date Deposited: 16 Sep 2021 14:34
Last Modified: 16 Sep 2021 14:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50370

Actions (login required)

View Item View Item