Pengaruh dana pihak ketiga (dpk), return on assets (roa), non performing financing (npf), financing to deposit ratio (fdr), dan giro wajib minimum (gwm) terhadap besaran pembiayaan yang disalurkan perbankan syariah di Indonesia tahun 2010-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmawati, Vivin Rizki (2020) Pengaruh dana pihak ketiga (dpk), return on assets (roa), non performing financing (npf), financing to deposit ratio (fdr), dan giro wajib minimum (gwm) terhadap besaran pembiayaan yang disalurkan perbankan syariah di Indonesia tahun 2010-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vivin Rizki Rachmawati_G94216206.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif berjenis penelitian asosiatif untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh variabel terhadap variabel lainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi yang bersumber dari website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam bentuk data-data triwulan dari laporan statistis perbankan syariah periode 2010 sampai 2019. Hasil penelitian yang diperoleh adalah DPK dan FDR berpengaruh positif dan signifikan, ROA berpengaruh negatif dan signifikan, sedangkan NPF dan GWM tidak berpengaruh terhadap besaran Pembiayaan yang disalurkan oleh perbankan syariah. Perbankan syariah diharapkan untuk membuat inovasi produk simpanan dana murah (tabungan dan giro) untuk meminimalisir terjadinya pengalihan dana karena inflasi. Dalam peningkatan DPK, perbankan syariah diharapkan untuk terus meningkatkan kinerja manajemen dengan lebih mengoptimalkan pengelolaan Aset dalam bentuk pembiayaan, mengingat pembiayaan merupakan pendukung perekonomian, perdagangan, dan keuangan. Dalam penyaluran pembiayaan, perbankan syariah diharapkan untuk memaksimalkan penyaluran pembiayaan dengan tetap memperhatikan faktor yang memengaruhinya dan terus meningatkan kinerja manajemen pengelolaan risiko pembiayaan bermasalah dengan cara lebih teliti dalam melakukan seleksi calon debitur, mengontrol usaha debitur, dan lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmawati, Vivin Rizkivivinrizki09@gmail.comG94216206
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@gmail.com2024018703
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Ekonomi
Keywords: Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK); Return On Assets (ROA); Non Performing Financing (NPF);Financing to Deposit Ratio (FDR); Giro Wajib Minimum (GWM); Pembiayaan.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Vivin Rizki Rachmawati
Date Deposited: 04 Oct 2021 14:11
Last Modified: 04 Oct 2021 14:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50372

Actions (login required)

View Item View Item