Pengorganisasian masyarakat dalam mengurangi risiko bencana tanah longsor melalui Kelompok Lokal di Dusun Kalibago Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widiyantari, Afra (2021) Pengorganisasian masyarakat dalam mengurangi risiko bencana tanah longsor melalui Kelompok Lokal di Dusun Kalibago Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afra Widiyantari_B92217089.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang proses pendampingan dan pengorganisasian masyarakat dalam menghadapi bencana tanah longsor dengan upaya “Pengorganisasian Masyarakat Dalam Mengurangi Risiko Bencana Tanah Longsor Melalui Kelompok Lokal Di Dusun Kalibago Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi risiko bencana dan menjadikan masyarakat siap siaga dalam menghadapi bencana alam tanah longsor. Penyusunan skripsi ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) dimana berawal dari permasalahan yang berlangsung di wilayah dampingan untuk ditemukan sebuah solusi untuk perubahan sosial yang lebih baik. Melalui langkah-langkah yang ada di PAR yaitu, inkulturasi (pengenalan awal),membaur dengan masyarakat untuk mendapatkan kepercayaan), dukungan proses untuk melakukan aksi dari pihak-pihak terkait dan persiapan aksi lapangan. Masyarakat hanya tanggap ketika ada bencana, akan tetapi pra bencana dan sesudah bencana mereka tidak melakukan upaya pengurangan risiko bencana sehingga kerentanan timbul karena kurangnya kesadaran dalam merespon adanya tanah longsor. Aksi yang telah dicapai oleh peneliti adalah pelatihan dan pelatihan tangguh bencana, pembentukan kelompok lokal tangguh bencana lingkup dusun, pengurangan risiko bencana dalam penananman pohon, pengurangan risiko bencana dalam pemasangan jalur evakuasi, dan membuat draf kebijakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widiyantari, Afraafrawidiyantari99@gmail.comB92217089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusrianingsih@yahoo.com2018057601
Subjects: Bencana alam
Dakwah > Dakwah bil Hal
Organisasi Masyarakat
Keywords: Pengorganisasian; Pengurangan Risiko Bencana.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: AFRA WIDIYANTARI
Date Deposited: 19 Sep 2021 23:29
Last Modified: 19 Sep 2021 23:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50394

Actions (login required)

View Item View Item