Relefansi pendidikan karakter di dalam Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim Karya Kh. Muhammad Hasyim Asy’ari dengan Pendidikan Islam di yayasan panti asuhan At-Tauhid Kepuh Kiriman Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prayogi, Muhammad (2021) Relefansi pendidikan karakter di dalam Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim Karya Kh. Muhammad Hasyim Asy’ari dengan Pendidikan Islam di yayasan panti asuhan At-Tauhid Kepuh Kiriman Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Prayogi_D01217021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui pendidikan karakter yang terkandung dalam kitab Adabul Alim wal Muta’alim; 2) Untuk mengetahui relevansi pendidikan karakter dalam kitab Adabul Alim wal Muta’alim dengan Pendidikan Islam di Yayasan Panti Asuhan At-Tauhid Kepuh Kiriman Waru Sidoarjo.Penelitian pada skripsi ini berjenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Obyek dalam penelitian ini yaitu anak-anak Yayasan Panti Asuhan At-Tauhid Kepuh Kiriman Waru Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan Karakter dalam kitab Adabul Alim wal Muta’alim karya KH. Muhammad Hasyim Asy’ari, Mencakup dari beberapa sub bab, yaitu (1) Etika seorang murid terhadap dirinya sendiri, (2) Etika seorang murid terhadap Guru, (3) Etika seorang murid terhadap pelajaran (4) Etika seorang murid terhadap kitab. 2) Ada relevansi pendidikan karakter dalam kitab Adabul Alim wal Muta’alim dengan pendidikan karakter anak At-Tauhid Waru Sidoarjo. dibuktikan dari 16 responden yang di wawancarai mengatakan menjalankan adab yang terdapat dalam kitab, hal ini menunjukkan ada relevansi pendidikan karakter dalam kitab Adabul Alim wal Muta’alim dengan pendidikan karakter anak di Yayasan Panti Asuhan At-Tauhid Kepuh Kiriman Waru Sidoarjo. Pendidikan karakter dalam kitab Adabul Alim wal Muta’alim memberikan pengaruh besar terhadap pendidikan karakter anak at-Tauhid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prayogi, Muhammadprayogiftm47@gmail.comD01217021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto--197311162007101001
Thesis advisorAmrullah, Amrullahaamrullahaziz@gmail.com2003097303
Subjects: Pendidikan
Panti Asuhan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan Karakter; Kitab Adabul Alim Wal Muta’alim; Anak Yayasan Panti Asuhan At-Tauhid Kepuh Kiriman Waru Sidoarjo.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Muhammad Prayogi
Date Deposited: 19 Sep 2021 07:10
Last Modified: 19 Sep 2021 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50400

Actions (login required)

View Item View Item