Pengaruh store atmosphere, hedonic shopping motivation dan sales promotion terhadap impulse buying dengan positive emotional response sebagai variabel intervening: studi kasus pada konsumen Matahari Department Store Royal Plaza Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arif, Nur Aulia Syajida (2021) Pengaruh store atmosphere, hedonic shopping motivation dan sales promotion terhadap impulse buying dengan positive emotional response sebagai variabel intervening: studi kasus pada konsumen Matahari Department Store Royal Plaza Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aulia Syajida Arif_G03217029.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bisnis ritel sangat menarik sebagian besar pengusaha karena dapat menghasilkan keuntungan yang berlimpah, terutama ritel fashion sangat diminati oleh masyarakat. Pada saat melakukan observasi ke gerai Matahari Royal Plaza Surabaya, dimana disana sebagian besar pengunjung melakukan pembelian impulsif. Beberapa faktor penyebab pengunjung melakukan pembelian impulsif antara lain yakni adanya suasana toko (store atmosphere), motivasi dalam diri seseorang untuk mencari kesenangan dalam berbelanja (hedonic shopping motivation), promosi penjualan (sales promotion) yang menimbulkan respon positif pada diri seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh store atmosphere, hedonic shopping motivation dan sales promotion melalui positive emotional response terhadap impulse buying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel yakni non-probability sampling dengan purposive sampling, diperoleh sebanyak 175 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online. Analisis data dengan bantuan melalui aplikasi SmartPLS versi 3.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap positive emotional response. Variabel store atmosphere juga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap impulse buying. Hedonic shopping motivation berpengaruh positif dan signifikan terhadap positive emotional response. Sedangkan hedonic shopping motivation berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap impulse buying. Sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap positive emotional response. Sedangkan sales promotion berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap impulse buying. Variabel positive emotional response berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Store atmosphere melalui positive emotional response berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap impulse buying. Hedonic shopping motivation melalui positive emotional response berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Sales promotion melalui positive emotional response berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Beberapa usulan dari peneliti kepada perusahaan yakni alangkah baiknya jika mengatur kembali space untuk produk, memperbanyak tempat duduk disetiap di dekat tempat pembayaran, memberikan training kepada karyawan, menentukan target segmentasi, memperhatikan jenis musik, memperhatikan penataan warna, menyediakan produk lebih bervariasi, memaksimalkan promosi penjualan secara online dan tetap meningkatkan pelayanan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arif, Nur Aulia Syajidaauliasyajida26@gmail.comG03217029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaifuddin, Muchammadsaifuddin@uinsby.ac,id0713038601
Subjects: Promosi
Konsumen
Keywords: Store Atmosphere; Hedonic Shopping Motivation; Sales Promotion; Positive Emotional Response dan Impulse Buying.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Nur Aulia Syajida Arif
Date Deposited: 19 Sep 2021 22:06
Last Modified: 19 Sep 2021 22:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50402

Actions (login required)

View Item View Item