Penerapan Solution Focused Brief Therapy (SFBT) untuk mengatasi stress pada karyawan PHK dampak Covid-19 di Kelurahan Manukan Wetan Kecamatan Tandes Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusuma, Kana Arta (2021) Penerapan Solution Focused Brief Therapy (SFBT) untuk mengatasi stress pada karyawan PHK dampak Covid-19 di Kelurahan Manukan Wetan Kecamatan Tandes Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kana Arta Kusuma_B03217022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Untuk menjawab permasalahan tersebut maka dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif komparatif, analisis data komparatif sebelum dan sesudah konsultasi, perspektif teoritis. Dalam proses konseling, konsultan menawarkan pengobatan yaitu Solution Focuesed Brief Therapy untuk mengatai stress pada karyawan PHK dampak covid-19. Dalam proses konseling dengan teknik Problem-Free Speech Scaling Questions and Praise, diharapkan dengan pendekatan ini konseli dapat menyadari potensinya dan mendapatkan manfaat dari kekuatan dan sumber daya yang dimilikinya untuk mengatasi masalah stres yang dihadapinya. Konselor bertindak sebagai orang yang mengajukan pertanyaan yang dapat meningkatkan kesadaran konseli. Setelah melakukan proses konseling menggunakan Solution Focused Brief Therapy, konseli akan menyadari potensinya dan akan dapat memanfaatkan kekuatan dan rencana yang ada yang dapat digunakan untuk mengurangi masalah yang menyebabkan stres pada mereka.Adapun hasil penelitian ini adalah konseli mengalami perkembangan yang sangat sukses setelah melalui tahapan konseling, serta lebih baik dari sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusuma, Kana Artakana.ak24@gmail.comB03217022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Solution Focused Brief Therapy; Stress.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Kana Arta
Date Deposited: 19 Sep 2021 23:00
Last Modified: 19 Sep 2021 23:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50405

Actions (login required)

View Item View Item