Pembentukan Akhlaq Qana’ah melalui pengajian Kitab Taj al-‘arus: studi kasus organisasi mahasiswa Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulkarnoen, Siti Robikah (2021) Pembentukan Akhlaq Qana’ah melalui pengajian Kitab Taj al-‘arus: studi kasus organisasi mahasiswa Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Robikah Zulkarnoen_E07217021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulisan dalam penyusunan skripsi ini, menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Jenis pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan psikologis. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah menggunakan metode observasi dan wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengumpulan beberapa informasi pengetahuan, fakta dan data. Dari beberapa proses pengumpulan data tersebut lalu di analisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa Pelaksanaan kajian kitab Taj Al-‘Arus di organisasi MATAN ini dilaksanakan setiap dua kali dalam satu minggu yaitu pada hari rabu setelah Ashar dan hari jum’at setelah sholat Isya’. Pengajian dilaksanakan menggunakan metode ceramah guna mempermudah para mahasiswa memahami materi pengajian dan metode tanya jawab untuk menjawab pertanyaan mahasiswa terkait materi yang kurang dipahami ataupun masalah agama lainnya. Pengajian taj Al-‘Arus sendiri dilaksanakan untuk mendidik jiwa para mahasiswa agar memiliki akhlak yang baik terutama akhlak yang mengandung nilai tasawuf nya termasuk akhlak qana’ah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya. Sedangkan pengajian kitab Taj Al-‘Arus didalamnya membahas mengenai bagaimana cara mendidik jiwa dengan cara yaitu bertaubat dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan taubat yang mana kitab ini juga khusus membahas ilmu tasawuf dan tujuannya agar para mahasiswa memiliki akhlak tasawuf itu sendiri termasuk akhlak Qana’ah. Dengan keistiqomahan para mahasiswa dalam mengikuti kajian tersebut akhirnya dapat mengambil ilmu yang bermanfaat dan berusaha untuk menginstrospeksi dirinya dan menjadi tolak ukur dalam menjalani kehidupannya selama ini. Dan dampak pengajian kitab Taj Al-‘Arus di Organisasi MATAN ini bisa terlihat dari pola hidup mahasiswa, perasaan puas, dan menerima yaitu meliputi dalam hal akademik, pergaulan, prestasi, dan sebagainya. Perasaan puas ini juga diikuti dengan sikap yang tidak menuntut diri secara berlebihan atau diluar kemampuan mahasiswa tersebut baik dimasa sekarang dan masa yang akan datang. Saran peneliti untuk Pembina Organisasi MATAN adalah agar bersedia mengembangkan lagi pengajian yang telah ada di organisasi MATAN, menambah metode yang digunakan agar lebih bisa memberi pemahaman pada Mahasiswa terkait materi yang diajarkan, mengkaji kitab-kitab klasik lain yang bisa menjadi bekal mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat kelak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulkarnoen, Siti Robikahsitirobikah5@gmail.comE07217021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHodri, Hodrihodria@yahoo.com2017117001
Subjects: Akhlak
Keywords: organisasi Mahasiswa; MATAN; Pembentukan Akhlaq Qana’ah; Pengajian Kitab Taj Al-‘Arus.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Siti Robikah Zulkarnoen
Date Deposited: 20 Sep 2021 00:20
Last Modified: 20 Sep 2021 00:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50408

Actions (login required)

View Item View Item