Pengaruh Leverage, Environmental performance dan Firm Size terhadap Islamic Social Reporting (ISR) : pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia tahun 2016-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lu'ay, Muhammad Iqbal (2021) Pengaruh Leverage, Environmental performance dan Firm Size terhadap Islamic Social Reporting (ISR) : pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia tahun 2016-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Iqbal Lu'ay_G72217068.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif (paradigma positif) dengan data sekunder berupa laporan tahunan atau annual report diperoleh dari website BEI atau masing-masing perusahaan dan hasil nilai PROPER yang diperoleh dari website Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel yang diperoleh sebanyak 186 sampel dari 46 perusahaan dalam periode 2016 hingga 2019. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Leverage, Environmental Performance, dan Firm Size berpengaruh positif dan signifikan terhadap Islamic Social Reporting (ISR). Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan bagi manajer perusahaan agar dapat menjadikan penelitian ini sebagai sumber referensi dalam mengambil langkah, keputusan, menetapkan aturan atau kebijakan serta merancang rencana yang tepat sasaran terkait praktik Islamic social reporting. Dan juga dapat memberikan informasi terkait pentingnya Islamic social reporting secara luas terhadap para stakeholder. Kemudian penelitian ini juga diharapkan bagi investor agar mampu menghadirkan manfaat berupa referensi atau petunjuk dalam membuat keputusan investasi. Islamic social reporting merupakan upaya perusahaan untuk mewujudkan transparansi informasi perusahaan dengan perspektif Islam dan meningkatkan kepercayaan pengguna laporan keuangan maupun investor muslim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lu'ay, Muhammad Iqbalmuhammadiqballu.ay@gmail.comG72217068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBuchori, Imamibe@uinsby.ac.id2026096801
Subjects: Akuntansi
Keywords: Islamic Social Reporting; Leverage; Environmental Performance; Firm Size.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Muhammad Iqbal Lu'ay
Date Deposited: 22 Sep 2021 04:32
Last Modified: 22 Sep 2021 04:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50417

Actions (login required)

View Item View Item