Nilai-Nilai pendidikan etika berkomunikasi dalam surat Al Hujurat ayat 1-3

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Dewi Hamalatin (2016) Nilai-Nilai pendidikan etika berkomunikasi dalam surat Al Hujurat ayat 1-3. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana konsep pendidikan etika berkomunikasi dalam surat Al-Hujurat ayat 1-3, Bagaimana pendapat mufassir tentang Al-Hujurat ayat 1-3 dan Bagaimana aplikasi nilai-nilai pendidikan etika berkomunikasi dalam surat Al-Hujurat ayat 1-3.
Pelaksanaan penelitian pada skripsi ini dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research), sedangkan fokus penelitiannya adalah Al-Qur’an surat Al-Hujurat ayat 1-3 yang membahas tentang pendidikan etika berkomunikasi. Dalam pengolahan data, penulis menggunakan metode analitis (tahlili). Hasil analisis tentang nilai-nilai pendidikan etika berkomunikasi dalam surat Al-Hujurat ayat 1-3 setelah diadakan kajian penelitian menunjukkan konsep pendidikan etika berkomunikasi dalam pergaulan, yaitu: Hormat kepada orangtua; Islam mengajarkan supaya anak mematuhi ibu bapaknya, selama tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Kesopanan terhadap teman sebaya; orang yang berteman hendaklah bergaul dengan segala tindak tanduk yang baik dan terpuji di mana saja dan kapan saja. Etika berbicara; seorang Muslim hendaknya bersuara lembut, berkata jujur, santun dan tidak mudah menghina. Berdasarkan dari hasil analisis kajian skripsi ini, maka dapat penulis simpulkan bahwa untuk membentuk karakter Muslim yang cakap, luwes dalam bergaul dan memiliki kecerdasan sosial yang tinggi, maka harus dilaksanakan melalui proses pembiasaan perbuatan yang memiliki esensi nilai-nilai pendidikan etika, karena kepribadian Muslim terbentuk dari bentuk-bentuk akhlak yang mulia yang sudah terbiasa dilakukan hingga tidak memerlukan proses berfikir terlebih dahulu untuk melakukannya. Ketika nilai-nilai pendidikan etika berkomunikasi yang terkandung di dalam surat Al-Hujurat ayat 1-3 dimanifestasikan dalam bentuk perbuatan, maka akan lahir sifat-sifat yang baik (akhlaqul karimah), apabila sifat-sifat yang baik tersebut melekat pada pribadi seseorang dan menjadi kebiasaan serta identitas yang selalu ada pada seorang Muslim serta menjadi ciri khas dari keseluruhan jatidirinya sebagai umat Islam. Maka yang demikianlah generasi penerus yang memiliki etika baik dalam berkomunikasi (bergaul).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, Dewi Hamalatindewihamalatinn@gmail.comD91212162
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDDamanhuri, Damanhuridamanhuri@mail.com2010045302
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Etika
Keywords: Nilai-nilai Pendidikan; Etika Berkomunikasi; Surat Al Hujurat Ayat 1-3
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dewi hamalatin ni'mah
Date Deposited: 14 Mar 2016 07:11
Last Modified: 19 Dec 2019 08:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5043

Actions (login required)

View Item View Item