Pemberdayaan masyarakat melalui optimalisasi pengembangan manfaat obyek wisata terpadu sebagai upaya seningkatan pendapatan warga di Desa Sengon Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfiah, Nealy Zulfi (2021) Pemberdayaan masyarakat melalui optimalisasi pengembangan manfaat obyek wisata terpadu sebagai upaya seningkatan pendapatan warga di Desa Sengon Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nealy Zulfi Lutfiah_B92217072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pemberdayaan masyarakat melalui optimalisasi pengembangan manfaat obyek wisata terpadu sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Sengon. Penelitian ini terjadi karena banyak hal, antara lain karena kondisi geografis Desa Sengon kecamatan Prambanan ini yang berada pada wilayah pariwisata, terlebih Desa Sengon memiliki aset fisik berupa situs bersejarah Monumen Lindhu Gedhe dengan ruangan-ruangan edukasinya dan juga aset alam berupa lahan pertanian yang luas dan subur. Selain itu, Desa Sengon memiliki aset organisasi berupa komunitas pemuda sadar wisata dan kelompok tani yang sangat penting keberadaanya dalam penelitian ini. Sehingga sangat memungkinkan untuk terciptanya sebuah wisata di Desa sengon. Tujuan dari dilakukanya penelitian ini ialah untuk menghubungkan aset dan mimpi yang diinginkan. Subjek dari kegiatan pendampingan ini adalah masyarakat Desa Sengon khususnya komunitas pemuda sadar wisata dan kelompok tani. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan ABCD dengan mengutamakan aset yang ada pada masyarakat yang mencakup poin 5-D yakni menemukenali aset (Discovery), membangun impian (Dream), Menyusun dan merancang strategi (Design), melaksanakan aski (Difine) dan melakukan monitoring dan evaluasi (Destiny). Penelitian ini dilakukan di Desa Sengon Kecamatan Prambanan. Data pada penelitian ini didapatkan melalui observasi, wawancara, dan FGD.Strategi yang dilakukan untuk mewujudkan desa wisata terpadu ialah melalui program perencanan desa wisata terpadu, pengembangan dan pengelolahan aset, dan juga program Pendidikan sapta pesona wisata, sehingga masyarakat Desa Sengon mampu memanfaatkan potensi yang dimiliki guna meningkatkan daya saing. Sehingga, kedepanya diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan dari masyarakat khususnya komunitas pemuda sadar wisata dan kelompok tani Desa Sengon.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfiah, Nealy Zulfinealyzulfii23@gmial.comB92217072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Diyahrisdyah@gmail.com197804192008012014
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; Aset; Desa Wisata.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nealy zulfi lutfiah
Date Deposited: 24 Sep 2021 03:25
Last Modified: 24 Sep 2021 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50430

Actions (login required)

View Item View Item