Pemberdayaan petani dalam pembuatan pupuk organik di Dusun Cuwalang Desa Daditunggal Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Shalshadila Eka (2021) Pemberdayaan petani dalam pembuatan pupuk organik di Dusun Cuwalang Desa Daditunggal Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shalshadila Eka Rahmawati_B92217080.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menguraikan proses pemberdayaan petani dalam pembuatan pupuk organik yang dilakukan untuk menciptakan pertanian ramah lingkungan. Penelitian dilakukan di Dusun Cuwalang Desa Daditunggal Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang. Pertanian merupakan pekerjaan utama masyarakat di Dusun Cuwalang. Proses pertanian yang masih menggunakan bahan-bahan kimia menyebabkan kerusakan lingkungan. Focus permasalahan di penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana pola pertanian yang dilakukan petani di Dusun Cuwalang? 2) Bagaimana permasalahan pertanian yang dihadapi petani di Dusun Cuwalang? 3) Bagaimana strategi pemberdayaan petani yang tepat untuk menciptakan pertanian ramah lingkungan? Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah Participatory Action Research (PAR). Metode ini menempatkan masyarakat untuk berpartisipasi menyelesaikan permasalahan yang ada. Partisipasi dari masyarakat dalam sedari awal hingga terlaksananya kegiatan sebagai solusi hingga perubahan sosial yang dicita-citakan oleh masyarakat. Hasil dari proses pemberdayaan yaitu adanya pemahaman mengenai pertanian ramah lingkungan dari kegiatan edukasi, pelaksanaan proses pertanian ramah lingkungan dengan pembuatan pupuk organik dan mengaplikasikan pupuk ke sawah yang dimiliki oleh petani di Dusun Cuwalang. Terbentuknya komunitas petani peduli lingkungan merupakan wadah agar proses ini terus dilakukan, upaya advokasi dilakukan agar pemerintah juga turut serta sehingga keberlangsungan program tetap dapat terjaga setelah proses penelitian selesai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Shalshadila EkaShalshadilaeka@gmail.comB92217080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Pemberdayaan
Pertanian
Keywords: Pemberdayaan; Pertanian Ramah Lingkungan; Pertanian.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Shalshadil Eka Rahmawati
Date Deposited: 28 Sep 2021 11:26
Last Modified: 28 Sep 2021 11:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50437

Actions (login required)

View Item View Item