Pengembangan media pembelajaran menggunakan Smart Apps Creator pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist untuk meningkatkan hasil belajar siswadi Mts Negeri 2 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asykur, Asykur (2021) Pengembangan media pembelajaran menggunakan Smart Apps Creator pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist untuk meningkatkan hasil belajar siswadi Mts Negeri 2 Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asykur_F52319333.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peneliti menggunakan media smart apps creator dalam pengembangan media pembelajaran berbasis android ntuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini berupaya menjawab pertanyaan, yaitu bagaimana prosedur pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi Smart Apps Creator, bagaimana tingkat kemenarikan penggunaan media pembelajaran menggunakan aplikasi Smart Apps Creator dan Bagaimana hasil belajar siswa pengguna media pembelajaran aplikasi Smart Apps Creator dalam pembelajaran al-Qur'an hadist materi ghorib kelas IX di MTs Negeri 2 Lamongan dengan jumlah sampel 28 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan mengikuti langkah-langkah model ADDIE (a) Analysis (Analisis), (b)Design (perencanaan), (c)Development (pengembangan), (e)Evaluation (evaluasi). Penelitian ini mengambil sampel peserta didik kelas IX MTS negeri 2 Lamongan sebanyak 28 siswa. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1. Pengembangan media pembelajaran digunakan dengan menyesuaikan prosedur ADDIE. 2. Produk media pembelajaran tersebut dikatakan menarik dan layak pakai seperti ditunjukkan oleh hasil validasi dari ahli materi masuk dalam kategori Baik dengan hasil konversi persentase 80%. Hasil validasi ahli media masuk dalam kategori Baik dengan hasil persentase 79%. Hasil analisis respon guru mapel masuk dalam kualifikasi Sangat baik dengan konversi persentase sebesar 83,2%. Dan hasil analisis respon siswa masuk dalam kategori Sangat Baik dengan konversi persentase 86%. Akumulasi hasil validasi tersebut menunjukkan media pembelajaran ini dikategorikan Sangat Baik. Hasil analisis uji-t pada pre-test dan post-test nilai peserta didik MTs Negeri 2 Lamongan dengan jumlah peserta 28 siswa menunjukkan adanya perubahan signifikan setelah pengaplikasian media untuk pembelajaran materi ghorib al-Quran Hadist.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asykur, Asykurasykurmz85@gmail.comF52319333
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAh. Zakki, Fuadah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Thesis advisorMokhamad, Syaifudinmsyaifudin@gmail.com2013107303
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Al Qur'an
Keywords: Smart apps creator; al-Qur’an Hadist; Ghorib; Hasil belajar.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asykur Asykur
Date Deposited: 26 Sep 2021 10:45
Last Modified: 26 Sep 2021 10:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50454

Actions (login required)

View Item View Item