Pemberdayaan petani tambak secara organik di Desa Ima’an Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni’am, Ahmad Zubad Shobabin (2021) Pemberdayaan petani tambak secara organik di Desa Ima’an Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Zubad Shobabin Ni’am_B92214048.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengelolaan tambak organik dilakukan melalui pemanfaatan aset yang ada di Desa Ima’an untuk dikembangkan menjadi potensi yang bernilai positif, mulai dari membangun kesadaran masyarakat terhadap aset yang ada serta memanfaatkan kreatifitas yang dimiliki oleh masyarakat. Pendampingan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan aset based community developmet (ABCD). Metode pendekatan yang lebih mengutamakan partisipasi masyarakat sebagai subjek penelitian yang dilakukan dengan proses pemetaan, FGD bersama masyarakat, melakukan proses atau aksi perubahan, hingga evaluasi. Yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan dan perokonomian masyarakat. Hasil dari penelitian ini yaitu peneliti melakukan proses aksi perubahan melalui proses belajar bersama masyarakat dengan menemukan potensi dalam masyarakat, menemukan mimpi dalam masyarakat (dream), melakukan perencanaan (design), melakukan aksi perubahan (define), serta mengevaluasi atau monitoring bersama masyarakat (destiny). Kegiatan pemberdayaan dilakukan dengan pengolahan tambak yang sebelumnya dilakukan menggunakan pupuk anorganik menjadi menggunakan pupuk organik. Aksi tersebut dilakukan dengan tujuan agar mengurangi zat kimia pada budidaya ikan serta meminimalisir biaya operasional perawatan tambak dengan memanfaatkan hasil yang ada di perkebunan dan pertanian (sawah), seperti: daun singkong, damen, lepok, kangkung, dll. Sehingga pendapatan bisa lebih maksimal. Pemberdayaan yang dilakukan di Desa Ima’an juga memunculkan kesadaran berupa ide dari beberapa istri petani tambak ikan organik yaitu melakukan pelatihan pembuatan makanan khas Gresik yaitu otak-otak bandeng organik, untuk memaksimalkan hasil aset tambak yang mereka miliki. Sehingga ikan bandeng yang dulunya di jual langsung ke tenggkulak sekarang menjadi olahan bandeng yang bernilai jual tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni’am, Ahmad Zubad Shobabinzubadniam78@gmail.comB92214048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Mohanshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Pemberdayaan
Pertanian
Keywords: Budidaya; Tambak organik; Kewirausahaan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: zubad niam
Date Deposited: 26 Sep 2021 13:06
Last Modified: 26 Sep 2021 13:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50465

Actions (login required)

View Item View Item