Efektivitas program Sejuta Berdaya LAZ Al Azhar Jawa Timur dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi pada KSM Lamor Kelud Sejahtera Pasca Erupsi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholisah, Anisa Nur (2021) Efektivitas program Sejuta Berdaya LAZ Al Azhar Jawa Timur dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi pada KSM Lamor Kelud Sejahtera Pasca Erupsi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisa Nur Cholisah_G05217002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena program Sejuta Berdaya LAZ Al Azhar Jawa Timur memberikan peminjaman modal usaha pada KSM Lamor Kelud Sejahtera yang terdampak pasca erupsi Kelud setiap tahunnya memiliki nominal yang sama dikarenakan tidak ada penambahan bantuan dana. Selain itu pendampingan dan pelatihan yang dilakukan oleh LAZ Al Azhar Jawa Timur tidak ada ketentuan pelaksanaan secara pasti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Harapannya dapat memberikan gambaran terhadap program Sejuta Berdaya LAZ AlAzhar Jawa Timur akan hal meningkatkan kesejahteraan ekonomi KSM Lamor Kelud Sejahtera pasca erupsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Sejuta Berdaya adalah salah satu program yang tidak hanya menggunakan dana zakat saja akan tetapi sebuah program bantuan pendayagunaan dana ZIS dan bantuan dana kebajikan lainnya untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis kelompok dengan mengoptimalkan dana-dana Qardhul Hasan dan dana lainnya didalamnya. Anggaran yang digulirkan kepada anggota KSM Lamor Kelud Sejahtera menggunakan akad Qardhul Hasan dikhususkan untuk anggota baru sedangkan untuk anggota lama menggunakan akad Murabahah. Pada tahun 2018 mencapai 33 anggota dan pada tahun 2019 meningkat menjadi 34 anggota, sedangkan pada tahun 2018 anggaran yang digulirkan kepada 33 anggota KSM Lamor Kelud Sejahtera sebesar Rp 66.950.000 sedangkan pada tahun 2019 anggaran yang digulirkan kepada 34 anggota sebesar Rp 68.450.000. Dengan adanya anggaran Mengacu pada Buku dari Indonesia Magnificence of Zakat mengenai tolak ukur efektivitas program pendayagunaan zakat IZDR 2011, program Sejuta Berdaya pada KSM Lamor Kelud Sejahtera ada peningkatan, dengan efektivitas program Sejuta Berdaya pada tahun 2018 nilai 6 dikatakan efektif dan efektivitas program Sejuta Berdaya pada tahun 2019 nilai 7 juga dikatakan efektif. Maka dengan adanya peningkatan pada tahun 2018 nilai 6 ke tahun 2019 nilai 7 KSM Lamor Kelud Sejahtera dikatakan efektif setiap tahun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholisah, Anisa Nuranisanurcholisahh@gmail.comG05217002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen
Zakat
Keywords: Efektivitas; Program; Lembaga Amil Zakat (LAZ).
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: ANISA NUR CHOLISAH
Date Deposited: 27 Sep 2021 21:23
Last Modified: 27 Sep 2021 21:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50468

Actions (login required)

View Item View Item