Membangun ketahanan pangan keluarga pada masa pandemi COVID-19 melalui penerapan urban farming di Kampung Edukasi Sampah Kelurahan Sekardangan Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Salsabila (2021) Membangun ketahanan pangan keluarga pada masa pandemi COVID-19 melalui penerapan urban farming di Kampung Edukasi Sampah Kelurahan Sekardangan Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salsabila Jannah_B92217079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai proses pendampingan masyarakat Kampung Edukasi Sampah di Kelurahan Sekardangan, Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo, untuk dapat meningkatkan ketahanan pangan keluarga pada masa pandemi covid-19. Melalui penerapan urban farming dengan memanfaatkan lahan terbatas, diharapkan masyarakat bisa membangun ketahanan pangan keluarga secara mandiri tanpa tergantung dari pihak luar serta sebagai upaya mitigasi covid-19. Penelitian proses pengorganisasian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan metode ABCD (Asset Based Community Development) dimana dalam kegiatan proses aksinya dimulai dengan merubah pola pikir serta meningkatkan kesadaran masyarakat pada upaya peningkatan ketahanan pangan keluarga saat masa pandemi. Pendampingan ini mengajak masyarakat untuk dapat menemukenali dan menyadari aset serta potensi yang dimiliki. Proses ini dapat meningkatkan potensi yang dimiliki warga dengan pemanfaatan lahan terbatas melalui urban farming, diantaranya dengan menanam tanaman sayuran melalui hidroponik, polybag, hingga budidaya ikan melalui budikdamper dengan barang bekas. Hasil yang dicapai pada proses pendampingan ini membawa perubahan baik dari aspek sosial, ekonomi serta lingkungan. Tahapan yang dilalui meliputi perencanaan aksi hingga pelaksanaan berupa penataan lingkungan melalui penerapan urban farming.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Salsabilasalsabilajannah23@gmailB92217079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Ketahanan pangan keluarga; Urban farming; Pandemi.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Salsabila Jannah
Date Deposited: 28 Sep 2021 10:39
Last Modified: 28 Sep 2021 10:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50479

Actions (login required)

View Item View Item