Peran Klub Astronomi dalam pengenalan pengetahuan falak di Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmania, Nurul (2020) Peran Klub Astronomi dalam pengenalan pengetahuan falak di Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Rachmania_C08216017.pdf

Download (745kB)

Abstract

Metode yang dipakai dalam penulisan yaitu metode deskriptif yang memiliki sifat eksploratif kualitatif dengan melakukan pengumpulan data secara yakni dokumentasi berupa buku atau tulisan, AD/ART organisasi dan dokumen-dokumen pendukung kegiatan klub astronomi tersebut, serta dilakukan penelitian secara langsung berupa wawancara kepada ketua Surabaya Astronomy Club, Ketua Gresik astronomy Club, Ketua Mojopahit Astronomy Club dan Delegasi Ulul Albab Astronomy Club dengan pengumpulan data pengetahuan ilmu falak di lingkungan daerah astronomi klub, data profil komunitas astronomi, data kerjasama dengan lembaga-lembaga, dan data kegiatan klub astronomi. Berdasarkan hasil penelitian, pertama, Komunitas astronomi berbentuk klub tidak hanya fokus mempelajari, mengembangkan serta mngenalkan keilmuan astronomi, namun peran dari klub astronomi mengenalkan ilmu falak kepada masyarakat luas yang berasal dari masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, dosen, dan santri pondok pesantren. Artinya dengan banyaknya kalangan yang dikenalkan mengenai ilmu falak, maka peran klub astronomi ini cukup mampu turut mengembangkan ilmu falak di Jawa Timur. Kedua, Strategi yang ditempuh klub astronomi dalam mengenalkan falak di Jawa Timur dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan astronomi yang sangat sering digunakan dan di dalamnya juga terkandung ilmu falak. Strategi tersebut dikemas dengan berbagai metode dalam bentuk pengamatan, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat sehingga dengan mudah diterima oleh masyarakat Jawa timur. Dengan adanya keunggulan dari masing-masing komunitas astronomi tersebut, perlu kiranya semua klub astronomi saling berkonsolidasi dan melakukan korporasi maka pengenalan ilmu falak di Jawa Timur menjadi lebih cepat dan berjalan dengan massif serta terstruktur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmania, Nurulnurulrachmania44@gmail.comC08216017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhazin, A. Muftiamuftikhazinfaza@gmail.com2013037301
Subjects: Astronomi
Falak
Keywords: Klub Astronomi; Pengetahaun Falak Di Jawa Timur.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Nurul Rachmania
Date Deposited: 28 Sep 2021 13:48
Last Modified: 28 Sep 2021 13:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50485

Actions (login required)

View Item View Item