التشبيه وأغراضه في رواية أنت لي لمنى المرشود

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitri, Zulfa Berliana (2021) التشبيه وأغراضه في رواية أنت لي لمنى المرشود. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulfa Berliana Fitri_A91217147.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keindahan gaya bahasa dalam sebuah karya sastra sangat perlu diteliti lebih rinci bagi pengamat sastra. Karena untuk membenahi dan menambah mutu dalam karya sastra itu sendiri, apalagi dunia sastra arab. Dalam skripsi ini, peneliti membahas tentang Tasybih dalam novel Kamu Milikku karya Mona Al-Marsoud. Novel trilogi ini dianggap sebagai salah satu novelnya yang paling terkenal dengan jumlah halaman yang mencapai 1.600 halaman. Novel ini mengusung berbagai macam peristiwa tentang cinta segitiga yang terjadi antara saudara sepupu, ketakutan, dan perpisahan. Selain itu, novel karya Mona Al-Marshoud menggunakan berbagai gaya bahasa salah satunya adalah penggunaan Tasybih. Hal itu dilakukan penulis agar pesan dan isi dalam novelnya lebih mengena di hati pembaca. Penelitian ini termasuk Library research atau penelitian kepustakaan. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder. Dan data yang dianalisa menggunakan metode deskriptif kualitatif dan landasan teori yang di aplikasikan adalah ilmu Balaghah. Penelitian dengan judul “at Tasybih wa aghradihi fii riwayati anta lii li Mona Al-Marshoud”, memiliki dua rumusan masalah yaitu, apa saja macam-macam tasybih dalam novel kamu milikku karya Mona al-Marshoud, dan apa tujuan tasybih dalam novel kamu milikku karya Mona Al-Marshoud. Berdasarkan rumusan masalah yang telah dipaparkan di atas, peneliti menemukan empat macam tasybih dalam novel “anta lii” sebagai berikut: 1. Tasybih Mursal Mujmal 2. Tasybih Mursal Mufasshol 3. Tasybih Tamtsil 4. Tasybih Baligh. Adapun tujuan tasybih terdapat enam tujuan antara lain: 1. Menjelaskan kadaan musyabbah 2. Menjelaskan kadar keadaan musyabbah 3. Memperindah musyabbah 4. Memperburuk musyabbah 5. Menjelaskan kemungkinan terjadinya sesuatu pada musyabbah 6.Meneguhkan keadaan musyabbah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitri, Zulfa Berlianazulfaftr.1701@gmail.comA91217147
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAqib, Kharisudinkharisuddinaqi@yahoo.co.id2017076802
Subjects: Sastra
Keywords: Tasybih; Tujuan Tasybih; Novel Anta lii.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Zulfa Fitri
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:18
Last Modified: 30 Sep 2021 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50490

Actions (login required)

View Item View Item