Expressive Writing dan Dance Movement dalam mengatasi stress bagi mahasiswa bimbingan konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Aderia Novita (2021) Expressive Writing dan Dance Movement dalam mengatasi stress bagi mahasiswa bimbingan konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aderia Novita Anggraini_B93217117.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1)Bagaimana stress mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Uinsa yang menerapkan terapi ekspresif? (2)Bagaimana pelaksanaan terapi Expressive Writing dan Dance Movement secara mandiri oleh mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Uinsa? (3)Bagaimana dampak yang dirasakan setelah melakukan terapi ekspresif dalam mengatasi stress oleh mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Uinsa? Dalam menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi eksploratif. Dalam menganalisis Expressive Writing dan Dance Movement dalam Mengatasi Stress Bagi Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam, data yang digunakan meliputi hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi yang disajikan pada penyajian data dan analisis data. Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pemicu stress mahasiswa yang menerapkan Ekspressive Writing dan Dance Movement adalah karena faktor eksternal dan internal, tahap dalam melaksanakan secara tidak langsung sesuai dengan teori meskipun dilakukan secara mandiri. Penurunan stress yang dirasakan melalui ekspresif writing oleh mahasiswa diantaranya: dapat mereduksi stress, mengembalikan mood, meningkatkan pemahaman diri/refleksi diri, menurunkan ketegangan dengan perasaan lega, meningkatkan kreatifitas diri dan harga diri, serta sebagai motivasi diri. Penurunan stress dengan dance movement diantaranya: dapat mereduksi stress, mengatasi mood dan emosi, dan menurunkan ketegangan dengan perasaan menjadi lega.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, Aderia Novitanoviaaderia@gmail.comB93217117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyid, Abdabdulbasyid95@yahoo.co.id2001096001
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Expressive Writing; Stress; Mahasiswa.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Aderia Novita Anggraini
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:04
Last Modified: 30 Sep 2021 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50492

Actions (login required)

View Item View Item