Peran Raden Panji Sosrokardono dalam Organisasi Sarekat Islam (1915-1923 M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayu, Violita Listia (2021) Peran Raden Panji Sosrokardono dalam Organisasi Sarekat Islam (1915-1923 M). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Violita Listia Ayu_A02217043.pdf

Download (1MB)

Abstract

Raden Panji Sosrokardono merupakan putra ke-tujuh Bupati Sidoarjo yang lebih memilih melawan pemerintah kolonial Belanda dengan cara aktif dalam organisasi Sarekat Islam dan Perserikatan Pegawai Pegadaian Bumiputra. Sosrokardono juga melakukan ide pemberontakan dan pemogokan hingga ia di penjara. Penelitian dengan judul “Peran Raden Panji Sosrokardono dalam Melawan Kolonialisme Belanda (1891-1935)” memiliki fokus permasalahan yakni 1) Bagaimana biografi Raden Panji Sosrokardono?, 2) Bagaimana kondisi sosial masyarakat pada tahun 1900 an? 3) Bagaimana peran Raden Panji Sosrokardono dalam melawan Kolonialisme Belanda?. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peran R.P. Sosrokardono dalam membela rakyat pribumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis untuk memaparkan peristiwa sejarah yang telah terjadi. Selain pendekatan historis juga melakukan pendekatan sosiologi untuk menganalisis bagaimana Raden Panji Sosrokardono menyikapi realitas yang ada dalam kehidupan masyarakat pada masa itu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Interaksi Simbolik oleh George Herbert Mead. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode sejarah yang didalamnya terdapat beberapa tahapan yakni: heuristic, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Hasil dari penelitian ini yakni 1) Raden Panji Sosrokardono lahir pada tahun 1891 dan wafat pada 1935. Ia merupakan anak seorang bupati yang aktif dalam organisasi Sarekat Islam dan PPPB. Sosrokardono pernah bekerja sebagai Mantri Lumbung Mojokerto dan menjadi redaktur surat kabar bersama Dr. Soetomo, 2) Latar Belakang Sosial adanya perlawanan pribumi karena banyaknya perkebunan tebu membuat lahan pertanian menyempit sehingga produksi padi menipis dan membuat harga beras melonjak naik, 3) Peran sosrokardono dengan mempelopori pemogokan buruh, juga terlibat dalam peristiwa cimareme yang mengakibatkan Ia dipenjara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayu, Violita Listiaviolitalistia15@gmail.comA02217043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Organisasi Masyarakat
Keywords: Kolonial; Peran; Pribumi.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Violita Listia Ayu
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:24
Last Modified: 30 Sep 2021 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50493

Actions (login required)

View Item View Item