Strategi dakwah Nabi Sulaiman dalam film The Kingdom of Solomon The Prophet: analisis semiotik Charles Sanders Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Ryan Rizal (2021) Strategi dakwah Nabi Sulaiman dalam film The Kingdom of Solomon The Prophet: analisis semiotik Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ryan Rizal Pratama_B01217051.pdf

Download (2MB)

Abstract

Film The Kingdom of Solomon The Prophet ini merupakan film yang mengisahkan tentang perjuangan Nabi Sulaiman a.s atau Raja Sulaiman dalam menjaga kaumnya dari godaan Iblis yang turun ke muka bumi. Penelitian ini mengkaji tentang strategi dakwah yang digunakan Nabi Sulaiman a.s yang terkandung dalam film The Kingdom of Solomon The Prophet.Penelitian ini difokuskan pada penerapan strategi dakwah apa saja yang digunakan oleh Nabi Sulaiman a.s yang terkandung dalam film The Kingdom of Solomon The Prophet ?.Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif serta analisis semiotika model Charles Sanders Peirce dalam menelusuri penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian pada film terdapat bentuk strategi dakwah sentimentil yaitu Nabi Sulaiman a.s memberikan perhatian kepada anak-anak, memberi nasihat tentang menjaga keimanan kepada mitra dakwah, dan memberi perhatian baik kepada mitra dakwah. Adapun strategi dakwah rasional ketika Nabi mengingatkan kembali tentang keimanan kepada Allah SWT, Nabi memberi peringatan tentang dosa berbuat riba, dan memberikan pemahaman mengenai keimanan. Kemudian strategi dakwah indriawi saat Nabi sebagai raja yang mau membantu para petani memanen gandum dan berperang melawan para iblis. Rekomendasi serta saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dari segi yang berbeda, seperti pesan dakwah dalam film ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Ryan Rizalryanrizalpratama7@gmail.comB01217051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Lukmanlhakim@uinsby.ac.id197308212005011004
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Film
Keywords: Strategi Dakwah; Film The Kingdom of Solomon The Prophet; Analisis Semiotika.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ryan rizal pratama
Date Deposited: 30 Sep 2021 10:05
Last Modified: 30 Sep 2021 10:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50506

Actions (login required)

View Item View Item