Pendampingan peningkatan ekonomi Komunitas Jamaah Tahlilan Perempuan melalui budidaya Ikan Lele pola styrofoam box Di RT.03 RW.01 Desa Lowayu Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suliswati, Diyan (2021) Pendampingan peningkatan ekonomi Komunitas Jamaah Tahlilan Perempuan melalui budidaya Ikan Lele pola styrofoam box Di RT.03 RW.01 Desa Lowayu Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diyan Suliswati B92217099.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pendampingan pada Komunitas Jamaah Tahlilan Perempuan dengan memanfaatkan sumber air (sumur bor), melalui budidaya ikan lele di RT.03 RW.01 Desa Lowayu Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Sumber air (sumur bor) biasanya hanya dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan cara menyadarkan komunitas mengenai aset maupun potensi yang ada disekitar mereka. Oleh sebab itu dalam pendampingan ini memanfaatkan aset dan potensi yang ada untuk dikelola dengan baik secara kreatif melalui budidaya ikan lele. Lewat tersebut sehingga mengetahui keterampilan yang mereka miliki. Dalam pendampingan ini pendamping menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development). Jadi metode ini fokusnya pada aset dan potensi yang dimiliki komunitas. Asetnya baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam. Oleh sebab itu untuk mengetahui keinginan komunitas sendiri. Dalam upaya pendampingan pada Komunitas Jamaah Tahlilan Perempuan tersebut dimulai dengan mengubah pola pikirnya agar menyadari aset maupun potensi yang mereka miliki, tujuannya untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Sehingga dapat mengelola dan memanfaatkan sumber air (sumur bor) yang ada untuk dimanfaatkan dengan baik. Melalui berpikir secara kreatif seperti menurut Yuyus Suryani Gagasan pemikiran mengenai kreatif dalam bentuk wawasan atau sesuatu yang pernah dialami biasanya tersimpan rapi dalam benak seseorang, lantas digabung. Sehingga menghasilkan bagian dari kreatif, agar bermanfaat bagi diri sendiri serta sesamanya. Kreatifitas sangat penting dalam upaya meningkatkan gagasan pemikiran, mengenai asas kreatif memiliki dua tipe baik sendiri maupun berkelompok. Hasil dari dampingan ini yakni Komunitas jamaah tahlilan perempuan RT.03 Desa Lowayu dapat meningkatkan keterampilan serta meningkatkan ekonomi melalui memanfaatkan sumber air (sumur bor) menjadi budidaya ikan lele. Bibit ikan lele sangkuriang 6-7 cm. Lalu dirawat dengan diberi pakan, menganti air selama 2.5 bulan. Sehingga ikan lele dapat dipanen dengan ukuran 10-11 cm. Setelah itu melakukan pemasaran melalui media sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suliswati, Diyansuliswatidiyan@gmail.comB92217099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdnan, Abd Mujibamujibadnan@gmail.com2007025902
Subjects: Masyarakat Islam
Potensi
Wirausaha
Keywords: Pendampingan komunitas; Budidaya ikan; Pemanfaatan sumur bor; Peningkatan ekonomi kreatif.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Diyan Suliswati
Date Deposited: 30 Sep 2021 12:54
Last Modified: 30 Sep 2021 12:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50509

Actions (login required)

View Item View Item