Pengorganisasian masyarakat dalam penguatan ekonomi rumah tangga melalui bank sampah Desa Kloposepuluh Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ervana, Hajar Chilmi (2021) Pengorganisasian masyarakat dalam penguatan ekonomi rumah tangga melalui bank sampah Desa Kloposepuluh Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hajar Chilmi Ervana_B02216017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi dalam penguatan perekonomian rumah tangga yang dilakukan di Desa Kloposepuluh Kec. Sukodono Kab. Sidoarjo dari pemanfaat aset dan potensi yang dimiliki, dalam hal ini aset yang dimanfaatkan adalah sampah kering. Tujuan penelitian ini untuk melaksanakan pembangunan ekonomi masyarakat Desa Kloposepuluh dalam penguatan ekonomi rumah tangga dengan cara menabung sampah yang akan digunukan utnuk kepentingan kelompok masyarakat. Pendampingan dalam penelitian ini menggunkan metode pendekatan ABCD (Asset Based Comunity Development) yaitu pemberdayaan dengan berbasis aset hasil penelitian menunjukan (1). startegi pemberdayaan yang dilakukan oleh kelompok ibu-ibu (2). pengorganisan untuk melakukan sebuah perubahan dalam penguatan ekonomi rumah tangga melalui pemanfaatan sampah. Sehingga dari pendampingan ini kelompok masyarakat mampu melakukan perubahan sosial dalam penguatan ekonomi rumah tangga.
Kata Kunci: Pemberdayaan masyarakat, pengutan ekonomi, kelompok masyarakat

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ervana, Hajar ChilmiChilmihajar@gmail.comB02216017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan masyarakat; pengutan ekonomi;kelompok masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Hajar Chilmi Ervana
Date Deposited: 05 Oct 2021 23:04
Last Modified: 05 Oct 2021 23:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50515

Actions (login required)

View Item View Item