Pengaruh Religiusitas, Budaya Usaha, Motivasi Afiliasi, Kepribadian Ekstraversi dan Kelas Sosial Terhadap Keputusan Masyarakat Menjadi Nasabah Pada Bank Riau Kepri Syariah Tembilahan Kota

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusliani, Hansen (2021) Pengaruh Religiusitas, Budaya Usaha, Motivasi Afiliasi, Kepribadian Ekstraversi dan Kelas Sosial Terhadap Keputusan Masyarakat Menjadi Nasabah Pada Bank Riau Kepri Syariah Tembilahan Kota. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hansen Rusliani_F53318022.pdf

Download (6MB)

Abstract

Perbankan syariah memiliki potensi yang sangat besar. Nilai-nilai universal yang dimiliki berupa keadilan, kejujuran, etika, moral, kemitraan, keterbukaan, dan kepedulian sosial ditambah dengan sistem bagi hasil yang bebas riba seharusnya menarik khalayak untuk menjadi nasabahnya. Namun, ditemukan fenomena penutupan kantor perbankan syariah di tengah masyarakat yang religius sedangkan perbankan konvensional tumbuh berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiusitas, budaya usaha, motivasi afiliasi, kepribadian ekstraversi, dan kelas sosial terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatori (the explanatory research) untuk menjelaskan hubungan antar variabel dan menguji hipotesis. Sampel penelitian adalah nasabah Bank Riau Kepri Syariah di Indonesia sebanyak 205 orang diambil dengan menggunakan rumus Jhon Hair dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden. Structural equation modeling digunakan untuk menganalisis hubungan-hubungan struktural antar variabel agar memberikan penjelasan fenomena sebenarnya secara konsisten dan komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas, motivasi afiliasi dan kelas sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan menjadi nasabah Bank Riau Kepri Syariah dengan nilai CR > 1,96 dan nilai probability value (P) < 0,05. Budaya usaha dan kepribadian ekstraversi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah Bank Riau Kepri Syariah dengan nilai probability value (P) > 0,05. Penelitian ini mengindikasikan bahwa keberagamaan seseorang, motivasi afiliasi, dan kelas sosial menjadi penting bagi perbankan syariah untuk mempertahankan eksistensinya. Implikasinya adalah penggunaan simbol-simbol agama, referal, dan pemahaman social grouping penting bagi marketing lembaga keuangan syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusliani, Hansenmuhammadhansenrusliani@gmail.comF53318022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, Nursama@yahoo.com2007055801
Thesis advisorSuryani, Suryanitaqi_77@yahoo.com2012087701
Subjects: Bank Islam
Budaya - Agama
Ekonomi Islam
Keywords: Religiusita;Budaya Usaha; Motivasi Afiliasi; Kepribadian Ekstraversi; Kelas Sosial; Keputusan Menjadi Nasabah; Perilaku Konsumen; Bank Riau Kepri Syariah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rusliani Hansen
Date Deposited: 04 Oct 2021 07:33
Last Modified: 04 Oct 2021 07:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50518

Actions (login required)

View Item View Item