Metode Tilawati meningkatkan kesadaran Fonologi dalam membaca Huruf Hijaiyah pada anak usia dini di Tk Bahrul Ulum Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kumalasari, Nurul (2020) Metode Tilawati meningkatkan kesadaran Fonologi dalam membaca Huruf Hijaiyah pada anak usia dini di Tk Bahrul Ulum Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Kumalasari_F52318112.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui metode tilawati efektif meningkatkan kesadaran fonologi dalam membaca huruf hijaiyah di TK BAHRUL ULUM Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan eskperimen. Instrumen penelitian berupa modul pembelajaran dan lembar observasi kesadaran fonologi. Subjek penelitian berjumlah 30 anak dengan kriteria inklusui 5-6 tahun, sehat, penelitian menggunakan teknik random usia assignment. Alat tes yang digunakan adalah lembar observasi kesadaran fonologi dalam membunyikan huruf hijaiyah berdasarkan makhorijul huruf yang terdiri dari 7 aitem yang menggunakan 4 alternatif penyekoran (1 hingga 4). Hasil analisis menunjukkan rata-rata kesepakatan antar rater sebesar 0.840, sehingga alat tes dapat digunakan sebagai alat ukur kesadaran fonologi anak dalam membunyikan huruf hijaiyah. Hasil penelitian menggunakan teknik analisis Independent-samples t test dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, karena lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perbedaan nilai rata-rata perolehan kelompok kontrol sebesar 0, 4813, lebih kecil dari nilai rata-rata perolehan kelompok eksperimen sebesar 0, 8433, artinya terdapat perbedaan kesadaran fonologi antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil menunjukkan metode tilawati efektif meningkatkan kesadaran fonologi dalam membaca huruf hijaiyah di TK BAHRUL ULUM Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kumalasari, Nurulnurulkumala03@gmail.comF52318112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Thesis advisorSuryani, Suryanitaqi_77@yahoo.com2012087701
Subjects: Fonetik
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Metode Tilawati; Kesadaran Fonologi; Anak Usia Dini.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Kumalasari
Date Deposited: 04 Oct 2021 13:22
Last Modified: 04 Oct 2021 13:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50546

Actions (login required)

View Item View Item