Analisis fiqh siyasah terhadap kewenangan penjabat kepala daerah dalam menerbitkan perizinan menurut Peraturan Pemerintah Nomor 49 tahun 2008 tentang perubahan ketiga atas Peraturan Pemerintah nomor 6 tahun 2005

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Meyilla, Devi Nur (2021) Analisis fiqh siyasah terhadap kewenangan penjabat kepala daerah dalam menerbitkan perizinan menurut Peraturan Pemerintah Nomor 49 tahun 2008 tentang perubahan ketiga atas Peraturan Pemerintah nomor 6 tahun 2005. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Nur Meyilla_C94217077.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah yaitu: Pertama, bagaimana kewenangan penjabat kepala daerah dalam menerbitkan perizinan menurut PP Nomor 49 Tahun 2008. Kedua, bagaimana analisis fiqh siya>sah terhadap kewenangan penjabat kepala daerah dalam menerbitkan perizinan. Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan Teknik studi kepustakaan yang dianalisis secara kualitatis kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif analisis. Teknis analisis data menggunakan pola pikir deduktif yaitu pemaparan dari teori Imamah ditarik ke perihal kewenangan penjabat kepala daerah dalam menerbitkan perizinan menurut pasal 132 a ayat 1 PP nomor 49 tahun 2008. Hasil penelitian menyimpulkan selama perizinan yang diterbitkan atau dibatalkan oleh penjabat (Pj) kepala daerah tidak bertentangan dengan kebijakan pejabat definitif sebelumnya maka bolehlah perizinan tersebut diterbitkan atau dibatalkan namun setelah disetujui oleh Menteri dalam negeri selaku pemegang kewenangan atas penjabat kepala daerah. Adapun dalam Islam atau fiqh siya>sah kepala daerah (khalifah) mengambil keputusan dengan bermusyawarah dan jika dalam kondisi yang mendesak maka merujuk pada kejadian sebelumnya serta al-Qur’an dan al-Sunnah. Berdasarkan dengan kesimpulan diatas, maka penjabat kepala daerah harus lebih bijak dan tegas dalam memutuskan segala perizinan dan Menteri dalam negeri mengayomi secara keseluruhan demi kelancaran dan kesejahteraan masyarakat bersama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Meyilla, Devi Nurdnurmeyilla@gmail.comC94217077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJailani, Imam Amrusisriamrusi@yahoo.co.id2003017002
Subjects: Kepala Daerah
Keywords: Pengangkatan Dan Pemberhentian Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah; Kepala daerah.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Devi Nur Meyilla
Date Deposited: 04 Oct 2021 13:00
Last Modified: 04 Oct 2021 13:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50547

Actions (login required)

View Item View Item