Karakteristik sedimen dan hasil tangkapan nelayan kupang di Perairan Ketingan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mashuri, Mochammad Aly (2021) Karakteristik sedimen dan hasil tangkapan nelayan kupang di Perairan Ketingan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Aly Mashuri_H04216014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perairan Ketingan sudah dikenal oleh masyarakat Sidoarjo memiliki hasil tangkapan berupa kerang kupang sejak bertahun-tahun yang lalu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penangkapan dan hasil tangkapan dari nelayan kupang di Perairan Ketingan, serta pengaruh dari karakteristik dan BOT sedimen terhadap hasil tangkapan nelayan kupang di Perairan Ketingan, Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Desember 2020. Penelitian ini menggunakan metode observasi. Pengambilan sampel sedimen dan BOT sedimen dilakukan dengan metode survei dan purposive sampling dengan mengikuti nelayan menangkap kupang. Pengolahan sampel sedimen dan BOT sedimen dilakukan di laboratorium. Berdasarkan hasil analisis, karakteristik sedimen di Perairan Ketingan digolongkan menjadi 4 yaitu, kerikil, pasir, debu, dan lempung dengan dominasi paling tinggi berjenis sedimen lempung. Hasil tangkapan di Perairan Ketingan adalah kupang putih (Corbula faba Hinds) dan kupang merah (Musculitas senhausia). Sedimen bertipe lempung lebih disukai oleh bivavia seperti kupang. Karakteristik sedimen dan BOT sedimen berpengaruh terhadap hasil tangkapan nelayan kupang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mashuri, Mochammad Alyhuri10cen@gmail.comH04216014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPerdanawat, Rizqi Abdiabdirizqi@uinsby.ac.id198809262014032002
Thesis advisorSetiawan, Fajarfajar_404@yahoo.com2006058402
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Sedimen; BOT; Kerang Kupang; Corbula faba Hinds; Musculitas senhausia.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Mochammad Aly Mashuri
Date Deposited: 06 Oct 2021 07:16
Last Modified: 06 Oct 2021 07:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50579

Actions (login required)

View Item View Item