Korelasi Antara Fear of Missing Out (FoMO) dengan Twit Spam pada Trending Topic #Odading #Odadingmangoleh

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusyda, Atika (2021) Korelasi Antara Fear of Missing Out (FoMO) dengan Twit Spam pada Trending Topic #Odading #Odadingmangoleh. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atika Rusyda_B96214093.pdf

Download (821kB)

Abstract

Twit spam di Twitter merupakan fenomena penggunaan media sosial oleh publik. Fenomena ini kerap terjadi, salah satunya terdapat pada trending topic #Odading dan #Odadingmangoleh. Penelitian ini menganalisis fenomena komunikasi pengguna Twitter berbentuk twit spam, dari perspektif Psikologi Komunikasi. Halley Pontes (2018) mengatakan bahwa perilaku tidak wajar di media sosial disebabkan oleh Fear of Missing Out (FoMO). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui korelasi antara Fear of Missing Out (FoMO) dengan twit spam pada trending topic #Odading #Odadingmangoleh. Responden berjumlah 139 orang. Instrumen yang digunakan dalam angket merupakan skala modifikasi dari skala FoMO yang dibuat oleh Przybylski dkk. Skala FoMO berjumlah 31 item dengan koefisien reliabilitas α = 0,963. Sedangkan skala twit spam berjumlah 5 item dengan koefisien reliabilitas α = 0,787. Teknik analisis data menggunakan Uji Korelasi Rank Spearman dan menghasilkan nilai signifikansi p = 0,001 dan korelasi r = 0,701. Hasil tersebut menunjukkan adanya korelasi yang kuat antara dua variabel dengan arah positif. Kesimpulan, semakin tinggi level FoMO pada diri individu maka semakin tinggi kecenderungan untuk membuat twit spam pada trending topic #Odading dan/atau #Odadingmangoleh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusyda, Atikacrackrost@gmail.comB96214093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Alialinurdinlmg@gmail.com2002067101
Subjects: Ilmu Komunikasi
Internet
Keywords: FoMO; Twit Spam; Trending Topic; #Odading; #Odadingmangoleh; Twitter.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Atika Rusyda
Date Deposited: 07 Oct 2021 22:25
Last Modified: 07 Oct 2021 22:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50581

Actions (login required)

View Item View Item