Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika dengan pendekatan multidimensi SPUR (Skills, Properties, Uses, and Representation) untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah Peserta Didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agatha, Wahyu Julia (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika dengan pendekatan multidimensi SPUR (Skills, Properties, Uses, and Representation) untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah Peserta Didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyu Julia Agatha_D74216114.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dalam pembelajaran matematika. Faktanya, kemampuan pemecahan masalah peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Proses belajar mengajar di sekolah masih berpusat pada guru serta proses pemecahan masalah yang kurang menggali kemampuan peserta didik. Oleh sebab itu peneliti ingin mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan yang dapat melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Pendekatan tersebut memiliki empat dimensi dalam proses pemecahan masalah, yaitu: dimensi Skills, Properties, Uses, dan Representation. Tujuan dari penelitian ini yaitu menjelaskan proses pengembangan, kevalidan, serta kepraktisan dari pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan multidimensi SPUR untuk melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp yang terdiri tiga fase, yaitu: fase penelitian pendahuluan (preliminary research), fase pembuatan prototipe (prototyping phase), dan fase penilaian (assessment phase). Perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan buku ajar pada materi luas permukaan serta volume kubus dan balok. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catatan lapangan (field note) yang digunakan untuk memperoleh data proses pengembangan perangkat pembelajaran dan teknik validasi ahli yang digunakan untuk memperoleh data kevalidan serta kepraktisan perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: 1) Pada fase penelitian pendahuluan diperoleh informasi bahwa sekolah menggunakan kurikulum 2013 edisi revisi 2017 dengan pembelajaran yang berpusat pada guru serta kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki peserta didik masih rendah. Kemudian dilakukan pembuatan prototipe RPP, LKPD , dan buku ajar dengan pendekatan multidimensi SPUR untuk melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik. 2) Selanjutnya pada fase penilaian oleh validator diperoleh data kevalidan dengan nilai rata-rata total validitas RPP sebesar 4,23, untuk LKPD sebesar 4,33 dan untuk buku ajar sebesar 4,25. Selanjutnya untuk data kepraktisan diperoleh bahwa perangkat yang dikembangkan tergolong praktis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agatha, Wahyu Juliayayakyazid95@gmail.com,D74216114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugahost@gmail.com2021088301
Thesis advisorSetyawati, Maunah--197411042008012008
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Keywords: Pengembangan; Pendekatan Multidimensi SPUR; Kemampuan Pemecahan Masalah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Wahyu Julia Agatha
Date Deposited: 06 Oct 2021 11:12
Last Modified: 06 Oct 2021 11:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50582

Actions (login required)

View Item View Item