Pengorganisasian pemuda karang taruna dalam mengurangi limbah cangkang kerang melalui Rumah Kreatif di Desa Ngemplakrejo Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Nur Izah (2021) Pengorganisasian pemuda karang taruna dalam mengurangi limbah cangkang kerang melalui Rumah Kreatif di Desa Ngemplakrejo Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Izah Safitri _B92217073.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi limbah cangkang kerang yang terdapat di Desa Ngemplakrejo, mengetahui proses pengorganisasian yang dilakukan terhadap pemuda karang taruna dalam mengurangi limbah cangkang kerang, serta mengetahui hasil yang diperoleh dari proses pengorganisasian tersebut. Untuk mendeskripsikan persoalan tersebut, peneliti menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) dalam bingkai teori pengorganisasian, pemuda karang taruna, kebersihan dan kesehatan lingkungan. Metode PAR sendiri menekankan pada adanya partisipasi langsung dari masyarakat yang dimulai dengan melakukan observasi, indentifikasi properti, tansektoral, analisis hasil lapangan perencanaan aksi, dan pelaksanaan aksi. Tingkat kepedulian terhadap lingkungan yang rendah dibuktikan dengan banyaknya tumpukan limbah cangkang kerang akibat kebiasaan masyarakat yang setiap harinya membuang cangkang kerang di sekitar pantai. Aksi yang dicapai dalam penelitian ini adalah kegiatan edukasi mengenai limbah kerang terhadap para pemuda, aksi nyata pengolahan limbah bersama pemuda dan anak-anak yang tergabung dalam rumah kreatif sehingga dapat terlihat hasil yang diperoleh selama proses pengorganisasian yang dilakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Nur Izahnurizahsafitri9c27@gmail.comB92217073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThayib, Syarifsyarifthayib@gmail.com197011161999031001
Subjects: Kebersihan
Organisasi Masyarakat
Keywords: Pengorganosasian; limbah cangkang kerang; rumah kreatif.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nur Izah Safitri
Date Deposited: 06 Oct 2021 13:03
Last Modified: 06 Oct 2021 13:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50583

Actions (login required)

View Item View Item