Analisis penetapan harga daging sapi di Pasar Ploso Jombang melalui pemikiran Ibnu Khaldun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munir, Faisal Sirojul (2021) Analisis penetapan harga daging sapi di Pasar Ploso Jombang melalui pemikiran Ibnu Khaldun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faisal Sirojul Munir_G94216164.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan penelitian studi kasus pada objek. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, kajian pustaka, dokumentasi, wawancara. Dalam hal ini adalah penjual daging sapi dan Kepala Pengawas Pasar Ploso Jombang.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penetapan harga daging sapi dilakukan sendiri oleh penjual tanpa ada yang mengaturnya, harga dipengaruhi faktor permintaan dan penawaran yang didalamnya terdapat biaya produksi, dan unsur rela sama rela dan terjadi secara alami sesuai kondisi pasar, pemerintah tidak ikut campur dalam penentuan harga melainkan dibutuhkan ketika terjadi penyelewangan jual beli seperti penipuan, penimbunan dan lain lain. Hasil tersebut sesuai dengan pemikiran Ibnu khaldun. Menurut Ibnu Khaldun faktor yang menjadi penentu harga diantaranya :1). Permintaan penawaran, yang didalamnya terdapat unsur rela sama rela serta pertimbangan biaya produksi oleh penjual dalam menetapkan harga, 2). Kebijakan pemerintah, 3). Pajak. Meskipun begitu tetap ada penjual yang menetapkan harga dibawah standart. Saran untuk Pemerintah Kabupaten Jombang supaya ikut andil menstabilkan harga daging sapi dengan cara proses pembibitan ekor sapi lebih banyak melalui upgrading dan pendampingan dengan petani sapi lokal, sehingga ketika permintaan daging sapi di Pasar Ploso banyak dan pasokan terpenuhi maka harga daging sapi lebih murah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munir, Faisal Sirojulfaisalsirojul001@gmail.comG94216164
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyafaq@yahoo.com2016017501
Subjects: Pemikiran
Keywords: Analisis Penetapan Harga daging sapi pemikiran Ibnu Khaldun
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Faisal Sirojul Munir
Date Deposited: 06 Oct 2021 10:37
Last Modified: 06 Oct 2021 10:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50584

Actions (login required)

View Item View Item