Mental Orang Munafik Dalam Al-Qur’an: studi penafsiran At-Thabari dan Fakhruddin Ar-Razi terhadap QS. Al-Baqarah Ayat 11-12.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amrullah, Moh. Adib (2021) Mental Orang Munafik Dalam Al-Qur’an: studi penafsiran At-Thabari dan Fakhruddin Ar-Razi terhadap QS. Al-Baqarah Ayat 11-12. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Adib Amrullah_E03217029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ayat Al-Qur’an yang membahas tentang fenomena yang terjadi di masyarakat ada banyak sekali. Salah satunya adalah QS. Al-Baqarah Ayat 11-12. Ayat ini memiliki gambaran yang menarik tentang salah satu fenomena yang cukup sering terjadi di masyarakat yaitu sebuah kejadian yang menurut sudut pandang pertama, terdapat orang yang melakukan kerusakan. Tetapi, menurut sudut pandang kedua yaitu pihak yang melakukan, justru merasa jika mereka sedang berbuat kebaikan. Hal ini tentu saja menimbulkan kontradiksi yang relatif tentang kebenaran, sebab klaim masing-masing ditimbulkan dari sudut pandang yang berbeda. Dalam penelitian yang disampaikan di bab selanjutnya, terdapat penjelasan dari At-Thabari dan Fakhruddin Ar-Razi tentang fenomena yang dibahas. Konteks dalam ayat 11 merupakan salah satu ciri orang munafik sehingga perilaku mereka dapat dikenali dengan sikap mereka yang menolak kebenaran dari pihak lain sekaligus memiliki klaim jika mereka berada di jalan yang benar. Dalam ayat 12, Allah secara tegas menyatakan jika pihak mereka (oranng munafik) itu walaupun merasa telah berbuat kebaikan, tetapi itu tidak mengubah fakta jika mereka-lah yang berlaku kerusakan. Dengan menggunakan pendekatan komparatif dan penelitian kualitatif, dapat dihasilkan suatu jawaban atas bagaimana penafsiran At-Thabari dan Fakhruddin Ar-Razi terhadap QS. Al-Baqarah ayat 11-12 dan bagaimana mental orang munafik berdasarkan analisa yang diperoleh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amrullah, Moh. Adibma2dluffy@gmail.comE03217029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasan, Muzaiyyanah Mu'tashimmuzayanah@gmail.com195812311997032001
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Munafik; At-Thabari; Fakruddin Ar-Razi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Moh. Adib Amrullah
Date Deposited: 08 Oct 2021 07:06
Last Modified: 08 Oct 2021 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50592

Actions (login required)

View Item View Item