Pengembangan permainan Moji (Monopoli Haji) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Unggulan Ismul Haq Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Mazida Dwi Sri (2021) Pengembangan permainan Moji (Monopoli Haji) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Unggulan Ismul Haq Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mazida Dwi Sri Rahmawati_D91217056.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan perangkat permainan Moji (Monopoli Haji) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Unggulan Ismul Haq Mojokerto. Dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1)Bagaimana pengembangan permainan Moji (Monopoli Haji) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Unggulan Ismul Haq Mojokerto?. 2)Bagaimana kelayakan permainan Moji (Monopoli Haji) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Unggulan Ismul Haq Mojokerto?. 3)Bagaimana keefektifan permainan Moji (Monopoli Haji) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Unggulan Ismul Haq Mojokerto?. Penelitan ini dilakukan di MTs Unggulan Ismul Haq Mojokerto dengan kegiatan uji coba kepada 15 siswa kelas VIII. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model ASSURE. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode dokumentasi, observasi, tes dan angket. Data yang diperoleh berupa hasil validasi media dan butir pertanyaan, hasil belajar siswa dan respon siswa. Data berupa peningkatan hasil belajar siswa dianalisi dengan gain score. Hasil akhir menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan yang dilakukan peneliti menghasilkan media pembelajaran berupa Moji (Monopoli Haji) yang memiliki komponen-komponen tambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan penyampaian submateri haji kepada siswa yaitu dengan memodifikasi peraturan permainan dan menambahkan kartu pertanyaan dan buku kunci jawaban submateri haji. 2) Permainan Moji (Monopoli Haji) mendapat nilai validitas fisik media sebesar 3,71% yang dikategorikan sangat valid dan nilai validitas isi butir pertanyaan permainan Moji (Monopoli Haji) sebesar 97,8% yang dikategorikan sangat layak. 3) Permainan Moji (Monopoli Haji) mendapat rata-rata perolehan nilai Gain Score sebesar 0,71% yang dikategorikan tinggi dan rata-rata hasil respons siswa sebesar 97% yang dikategorikan sangat efektif. Hal ini menunjukkan bahwa media belajar permainan Moji (Monopoli Haji) sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran khususnya pada submateri haji kelas VIII di MTs Ismul Haq Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Mazida Dwi Sridwimazida@gmail.comD91217056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Haji
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Moji (Monopoli Haji); Hasil Belajar Siswa; Submateri Haji.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mazida Dwi Sri Rahmawati
Date Deposited: 08 Oct 2021 04:50
Last Modified: 08 Oct 2021 04:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50597

Actions (login required)

View Item View Item