Telaah nilai-nilai pendidikan karakter dalam Kitab Manakib Syekh Abdul Qodir Al Jailani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hardiansyah, Bayu Putra (2021) Telaah nilai-nilai pendidikan karakter dalam Kitab Manakib Syekh Abdul Qodir Al Jailani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bayu Putra Hardiansyah_D91216095.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ulama merupakan pewaris Rosulullah saw yang akan selalu hadir di tengah kehidupan umat Islam. Salah satu ulama yang sempurna tersebut ialah Syekh Abdul Qodir Al jailani, beliau merupakan sosok yang luar biasa, pujian atasnya sangat banyak hingga tak dapat diungkapkan dengan kata. Dalam setiap perkataan, perbuatan dan ihwal hatinya menjadi teladan umat di setiap zaman. Manakib Syekh Abdul Qodir Jailani merupakan kitab yang syarat akan nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat menjadi sumber pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam manakib Syekh Abdul Qadir Al Jailani. (2) Mengetahui bagaimana cara internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam manakib Syekh Abdul Qadir Al Jailani terhadap pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan yang dilakukan dengan mengumpulkan sumber bacaan yang berkaitan dengan objek penelitian, data dianalisis, direduksi kemudian ditarik kesimpulan.Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa : (1) Nilai–nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam manakib Syekh Abdul Qodir Al Jailani di antaranya adalah dermawan, jujur, sabar, wara’, takwa, menjaga kesucian lahir dan batin, cinta dan benci karena Allah, ridho sabar dan syukur terhadap takdir, khauf atau takut kepada Allah, tawadhu, zuhud, dan ikhlas. (2)Untuk menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan karakter dalam manakib Syekh Abdul Qodir Al Jailani dapat dilakuka melalui beberapa pendekatan, yaitu : (a) Pendekatan Kurikulum formal, (c) Pendekatan model, (d) Pendekatan berbasis kelas, (e) Pendekatan berbasis kebijakan, (f) Pendekatan berbasis komunitas, Pendekatan berbasis komunitas, dan (g) Pendekatan berbasis kultul akademik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hardiansyah, Bayu PutraHardiansyah.bay@gmail.comD91216095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2005095701
Thesis advisorFuad, Ah.Zakkizakkif@gmail.com2027047401
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Bibliografi
Keywords: Nilai; pendidikan; karakter; manakib Syekh Abdul Qodir Al Jailani.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bayu Putra Hardiansyah
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:51
Last Modified: 12 Oct 2021 03:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50598

Actions (login required)

View Item View Item