Sistem pengelolaan pasar tradisional dan pasar modern di Jawa Timur: studi kasus Pasar Blauran, Indomaret dan Alfamart Kecamatan Jambangan Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyida, Soniya Farida (2021) Sistem pengelolaan pasar tradisional dan pasar modern di Jawa Timur: studi kasus Pasar Blauran, Indomaret dan Alfamart Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Soniya Farida Rosyida_ I01216033.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Implementasi Peraturan Pemerintah Daerah Nomor 3 Tahun 2008 tentang Pemberdayaan Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Di Kota Surabaya. Dan mengetahui apa saja faktor yang menjadi kendala Sistem Pengelolaan Pasar Tradisional dan Penataan Pasar Modern di Kota Surabaya. Untuk menjawab permasalahan ini, peneliti menggunakan kualitataif deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori implementasi kebijakan oleh Van Meter dan Van Horn.Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa dalam sistem Pengelolaan Pasar Tradisional dan Pasar Modern yang merujuk pada Peraturan Pemerintah Daerah Jawa Timur Nomor 3 Tahun 2008, dimana pengelolaan tersebut merupakan Pemberdayaan yang sudah berjalan yaitu dalam meningkatkan professional dalam pengelolaan dengan memberikan pelayanan kepada para pedagang seperti proses permasaran tidak hanya dilakukan hanya di pasar tetapi juga menggunakan media online pelayanan tersebut diberikan untuk menunjang kemajuan pasar blauaran agar terus berkembang dan tidak tertinggal dengan pasar lainya.Pemberdayaan Pasar Modern (Indomaret) diketahui mempunyai sistem yang efesien serta pendistribusian produk melalui UMKM yang ada di Indonesia dan kualitas produk yang baik sehingga indomaret dapat bekerjasama dengan UMKM yang ada di berbagai wilayah. Hal ini bertujuan untuk mengangkat produksi UMKM di kenal oleh masayarakat secara luas. Faktor yang menjadi kendala pemberdayaan pasar tradisional yaitu kurangnya kesadaran para pedagang dalam memenuhi kewajiban di pasar blaurana, sedangkan kendala yang dihadapi dalam pemberdayaan Indomaret yaitu adalah kendala ketika terjadinya kelangkaan stok barang-barang kebutuhan sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyida, Soniya Faridasoniyarosyida98@gmail.comI01216033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Ismaill--196005211986081001
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Kebijakan; Pengelolaan; Pasar Tradisional dan Indomaret.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Soniya Farida Rosyida
Date Deposited: 22 Oct 2021 10:21
Last Modified: 22 Oct 2021 10:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50610

Actions (login required)

View Item View Item