Pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan ekonomirRumah tangga melalui bank sampah Dusun Leran Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Listriana, Listriana (2021) Pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan ekonomirRumah tangga melalui bank sampah Dusun Leran Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Listriana_B02217015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang proses pendampingan yang berfokus pada potensi-potensi hasil bank sampah di Dusun Leran, Pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan ekonomi melalui pemanfaatan bank sampah dan relevansi pemberdayaan ekonomi melalui hasil bank sampah di Dusun Leran dengan dakwah pengembangan masyarakat islam. Pendampingan ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) dengan melibatkan masyarakat sebagai subyek utama untuk mencapai suatu perubahan perekonomian masyarakat secara partisipatif. Dengan langkah-langkah pendampingan mulai dari tahap mempelajari scenario, mengungkap masa lampau (discovery), memimpikan masa depan (Dream), merencanakan aksi (design), proses aksi partisipatif (define), hingga monotoring dan evaluasi program (destiny) Setelah menemukan potensi dan aset dari masyarakat yang diimpikan dan diharapkan masyarakat adalah dapat menciptakan perubahan-perubahan ekonomi dengan peningkatan ekonomi melalui bank sampah di Dusun Leran. Aksi yang dilakukan masyarakat adalah menemukan inovasi baru dalam mengelola sampah rumah tangga menjadi nilai jual ekonomis bagi pemasukan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Listriana, ListrianaListriana068@gmail.comB02217015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusrianingsih@yahoo.com2018057601
Subjects: Wirausaha
Keywords: Pemberdayaan masyarakat; Ekonomi Masyarakat.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Listriana Listriana
Date Deposited: 12 Oct 2021 13:08
Last Modified: 12 Oct 2021 13:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50620

Actions (login required)

View Item View Item