Peran KH. Sholeh Qosim dalam mengembangkan pondok pesantren Bahauddin al-Ismailiyah Ngelom Sepanjang Taman Sidoarjo Tahun 2000-2018 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahardjo, Achmad Ghani (2021) Peran KH. Sholeh Qosim dalam mengembangkan pondok pesantren Bahauddin al-Ismailiyah Ngelom Sepanjang Taman Sidoarjo Tahun 2000-2018 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Ghani Rahardjo_A72214028.pdf

Download (3MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian sejarah, yang terdiri dari, heuristik, verifikasi, intepretasi dan historiografi. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan historis deskriptif.. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran yang dikemukakan oleh Biddle dan Thomas. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa (1) KH. Sholeh Qosim lahir di Pasuruan pada tanggal 3 Maret 1928 M dari pasangan Kiai Qosim dan Nyai Fatiha. KH. Sholeh Qosim menikah dengan Nyai HJ. Chudaifah dan dikaruniai sembilan orang anak. Beliau pernah mondok di Pondok Pesantren Misbakhul Wathan Malang dan Pondok pesantren Darul Ulum Jombang. KH Sholeh Qosim juga pernah terlibat dalam pertempuran kemerdekaan di Surabaya bersama Laskar Sabilillah. (2) Pondok Pesantren Bahauddin al-Ismailiyah berdiri pada tahun 1958 M dan mengalami perkembangan yang terbagi menjadi tiga periode yaitu Periode Perintisan oleh KH. Chamzah Ismail, Periode Kepemimpinan KH. Imron Chamzah, dan Periode Kepemimpian KH. Sholeh Qosim. (3) Peran yang dilakukan KH. Sholeh Qosim dalam mengembangkan Pondok Pesantren Bahauddin al-Ismailiyah meliputi beberapa bidang, yakni bidang teladan perjuangan nasional, bidang pendidikan dan bidang sosial politik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahardjo, Achmad Ghanighani99996@gmail.comA72214028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNuriyadin, Nuriyadinnuriyadin@hotmail.com197501202009121002
Subjects: Pesantren
Sejarah Peradaban Islam
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: KH. Sholeh Qosim; pondok pesantren Bahauddin al-Ismailiyah; kepemimpinan kiai
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: ACHMAD GHANI RAHARDJO
Date Deposited: 25 May 2022 07:45
Last Modified: 25 May 2022 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50625

Actions (login required)

View Item View Item