Implementasi perencanaan sumber daya manusia pada remaja Masjid Al-Falah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Nuril Zahrotul (2021) Implementasi perencanaan sumber daya manusia pada remaja Masjid Al-Falah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuril Zahrotul Jannah_ B94216099.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus masalah yang diteliti adalah bagaimana implementasi perencanaan sumber daya manusia dalam organisasi remaja masjid Al-Falah Surabaya? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan penerapan sistem perencanaan sumber daya manusia yang ada di organisasi remaja masjid Al-Falah. Sehingga dapat menjadi manfaat dan acuan tentang bentuk implementasi dari proses perencanaan sumber daya manusia di dalam organisasi remaja islam masjid Al-Falah Surabaya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan deskripstif kualitatif. Peneliti menggunakan dua jenis sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu tahap pra lapangan, tahap lapangan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi, dan yang terahir tahap pasca lapangan. Untuk menguji validitas data dilakukan dengan triangulasi teknik dan tringulasi sumber. Dalam triangulasi teknik, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk triangulasi sumber, peneliti mendapatkan data sumber yang berbeda-beda dengan teknik yang sama. Dengan sumber data yang berbeda-beda ini, peneliti melakukan analisis dan pemeriksaan silang untuk menguji reabilitas data.Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diketahui bahwa penerapan perencanaan sumber daya manusia yang ada di remaja masjid Al-Falah ini berupa proses pengkaderan dan pelatihan melalui program kerja. Penerapan ini dilakukan untuk membentuk calon kader-kader RISMA Al-Falah dan membantu kelancaran progam kerja Al-Falah untuk mencapai visi dan misi. Dalam tahapan pengkaderan terdapat tiga prinsip, yaitu prinsip penjagaan, prinsip pengkaderan mentoring, dan prinsip pengembangan. Untuk pelatihan program kerjanya antara lain agenda event social dan kajian-kajian rutin. Untuk menyusun strategi perencanaan sumber daya manusia, perlu memperediksi kebutuhan SDM yang dapat dilihat dari faktor-faktor internal dan eksternal program kerja sebelumnya serta dilihat juga dari hasil evaluasi. Sumber daya yang dibutuhkan, disesuaikan dengan kriteria dan syarat-syarat yang ada di RISMA Al-Falah. Dengan adanya sistem perencanaan SDM yang telah tersusun, hal ini dapat mengambangkan kualitas anggota sehingga membantu meningkatkan kinerja anggota dalam mengerjakan program kerja RISMA Al-Falah dengan efektif dan efesien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Nuril Zahrotulnuril.angeline58@gmail.comB94216099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBramayudha, Airlanggabram.airlangga@gmail.com2014127901
Subjects: Sumber Daya Manusia
Keywords: Implementasi perencaan sumber daya manusia.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Nuril Zahrotul Jannah
Date Deposited: 14 Oct 2021 02:55
Last Modified: 14 Oct 2021 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50627

Actions (login required)

View Item View Item