Implementasi pembelajaran Tafsir Amaly dalam membentuk perilaku keberagamaan siswa di SMA Primaganda Jombang: implementasi pembelajaran Tafsir Amaly dalam membentuk perilaku keberagamaan siswa di SMA Primaganda Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chumaidah, Chumaidah (2021) Implementasi pembelajaran Tafsir Amaly dalam membentuk perilaku keberagamaan siswa di SMA Primaganda Jombang: implementasi pembelajaran Tafsir Amaly dalam membentuk perilaku keberagamaan siswa di SMA Primaganda Jombang. PhD thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Chumaidah_F23416122.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bahwa suatu pembelajaran termasuk pembelajaran Tafsir Amaly hendaknya direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai perubahan perilaku siswa sebagai hasil belajar. Materi tafsir bernuansa tasawuf, metode bervariasi, sistem penilaian meliputi afektif, kognitif dan psikomotor diharapkan mampu menghasilkan perubahan perilaku religiusitas siswa berupa perilaku ideologis, ritualistic, konkuensial, eksperensial dan perilaku intelektual. Disini pentingnya penelitian untuk mengetahui sejauhmana pembelajaran Tafsir Amaly mampu menghasilkan perubahan tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi pembelajaran Tafsir Amaly di SMA Primaganda Jombang? Bagaimana perilaku keberagamaan siswa di SMA Primaganda Jombang? Dan Bagaimana implementasi pembelajaran Tafsir Amaly dalam membentuk perilaku keberagamaan siswa SMA Primaganda Jombang? Metode dan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian campuran kualitatif dan kuantitatif untuk mendiskripsikan fenomena yang ada berupa pembelajran Tafsir Amaly dan sejauhmana tingkat perilaku keberagamaan siswa. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, angket dan tes sesuai dengan data yang diperlukan. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif dan kuantitatif berupa skala kategorisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran Tafsir Amaly di SMA Primaganda mampu membentuk perilaku keberagamaan siswa secara ideologis (rukun iman) dengan score 3416 : 3600 = 94% . lebih mendekati interval “sangat baik”, maka perilaku ideologis siswa masuk kategori sangat baik, ritualistik (rukun Islam) melakukan ibadah wajib dan sunnah secara rutin, kebiasaan shalat jamaah, istighotsah shalat sunnah, puasa wajib dan sunnah dengan score 3416 : 3600 = 94% perilaku konsekuensial (amal) berupa kebiasaan amal shalih, suka menolong, kerja sama score 3273 : 3600 = 90% kategori sangat baik. Perilaku ekspresial (akhlak) berupa ikhlas, tawadlu’ dengan score 3323 : 3600 = 92% mendekati interval “sangat baik” , maka perilaku eksperensial masuk kategori sangat baik. Perilaku intelektual (pengetahuan) dari hasil Penilaian Akhir Semester (PAS) nilai antara 70-100 dasar KKM 75 sebanyak 71% maka masuk kategori antara baik dan sempurna

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chumaidah, Chumaidahchumaidah61@gmail.comF23416122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudhofir, Alimudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Thesis advisorBakar, M. Yunus Abuelyunusy@gmail.com2015026502
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Bimbingan Penyuluhan
Keywords: Pembelajaran Tafsir Amaly; Perilaku Keberagamaan.
Divisions: Program Doktor > Studi Islam
Depositing User: Chumaidah Chumaidah
Date Deposited: 16 Oct 2021 03:22
Last Modified: 16 Oct 2021 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50644

Actions (login required)

View Item View Item