Analisis simbol self healing pada lirik lagu dalam album Menari dengan Bayangan-Hindia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Biscayawati, Anti Dwi (2021) Analisis simbol self healing pada lirik lagu dalam album Menari dengan Bayangan-Hindia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anti Dwi Biscayawati_B75217108.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang makna simbol self healing yang terkandung pada lirik lagu dalam album Menari Dengan Bayangan karya Hindia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui simbol self healing pada lirik lagu dalam album Menari dengan Bayangan – Hindia dalam perspektif semiotika Roland Barthes dan untuk mengetahui makna simbol self healing lirik lagu di album Menari Dengan Bayangan – Hindia.Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan paradigma interpretif. Paradigma interpretif merupakan paradigma yang memandang bahwa kebenaran, realitas atau kehidupan nyata tidak memiliki satu sisi, tetapi dapat memiliki banyak sisi, sehingga dapat dikaji dari berbagai sudut pandang.Hasil dari penelitian ini ditemukan simbol self healing pada lirik lagu dalam album Menari dengan Bayangan – Hindia dalam perspektif semiotika Roland Barthes. Terdapat tiga kategori simbol self healing, yaitu berdamai dengan masa lalu, berdamai dengan diri sendiri, dan memaknai kehidupan. Dari simbol tersebut ditemukan makna yang ingin disampaikan Hindia kepada seluruh pendengar musiknya, yaitu sejatinya hidup harus selalu merasa bersyukur dan jika bersedih secukupnya saja, tidak perlu dipikirkan berlarut-larut. Simbol dari lirik lagu karya Hindia dapat tersampaikan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Biscayawati, Anti Dwiantidwib17@gmail.comB75217108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Alialinurdinlmg@gmail.com2002067101
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Self Healing; Simbol; Lagu; Semiotika.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Anti Dwi Biscayawati
Date Deposited: 29 Oct 2021 03:41
Last Modified: 29 Oct 2021 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50677

Actions (login required)

View Item View Item