Interpretasi pemahaman hadis dalam menanggapi islamofobia: kajian maanil hadis dalam kitab Musnad Imam Ahmad

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahbub, Ishlahul (2020) Interpretasi pemahaman hadis dalam menanggapi islamofobia: kajian maanil hadis dalam kitab Musnad Imam Ahmad. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ishlahul Mahbub_E05215017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada hakikatnya hadis harus selalu diinterpretasikan di dalam situasi-situasi yang baru untuk menghadapi problema yang baru, salah satunya dalam menginterpretasikan hadis Islamofobia. Islamofobia sejatinya merupakan isu-isu lama yang kemudian mencuat kembali dengan adanya teror dan kekerasan dengan berlandaskan agama. dalam kajian keislaman sendiri terjadi pro dan kontra dalam pemahaman tentang Islamofobia meski berangkat dari sumber yang sama yaitu al-Qur’an dan Hadis. Penelitian ini diorietasikan untuk menjawab dua pokok permasalahan, pertama kehujjahan hadis Islamofobia dalam Musnad Imam Ahmad, kedua interpretasi hadis tersebut dengan pendekatan maanil hadis. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif yang datanya bersumber dari kepustakaan (library reaserch) dengan menggunakan metode penyajian data secara deskriptif dan analitis. Penelitian ini menggunakan kitab Musnad Imam Ahmad sebagai sumber utama dibantu dengan beberapa kitab hadis standard lainnya. Kemudian dianalisa menggunakan metode kritik sanad dan matan dan menerapkan kajian maanil hadis. Hasil dari penelitian ini pertama, hadis Islamofobia dalam Musnad Imam Ahmad nomor indeks 4467 berkualitas sahih, dan termasuk kategori hadis maqbub ma’mulun bih sehingga dapat dijadikan hujjah. Kedua, inerpretasi hadis tersebut bahwasnaya islam sendiri tidak pernah mengajarkan kekerasan dan islam adalah agama yang menjunjung persaudaraan. Nabi sendiri sudah mencontohkan melalui fath makkah yang dimana Nabi mengedepankan tidak terjadi pertumpahan darah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahbub, Ishlahulmishlahul@gmail.comE05215017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwahyudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Thesis advisorPurwanto, Purwantojalamakna@gmail.com2017047802
Subjects: Hadis
Keywords: Interpretasi; Islamofobia; Musnad Imam Ahmad.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Ishlahul Mahbub
Date Deposited: 22 Oct 2021 05:38
Last Modified: 22 Oct 2021 05:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50682

Actions (login required)

View Item View Item