Pesan dakwah dalam novel “KANVAS” karya Bintang Purwanda: analisis semiotik Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pradani, Shafira Fitri (2021) Pesan dakwah dalam novel “KANVAS” karya Bintang Purwanda: analisis semiotik Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shafira Fitri Pradani_B91217092.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah apa pesan dakwah yang terkandung dalam novel kanvas karya bintang purwanda (analisis semiotik Roland Barthes) Untuk menjelaskan permasalahan yang ada dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian analisis teks media yaitu model semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis berupa studi dokumentasi. Data yang penulis peroleh melalui kutipan-kutipan dalam novel kanvas dan di damping dengan jurnal maupun artikel yang terkait pesan dakwah dengan novel sebagai medianya.Hasil analisis dari penelitian ini berupa pesan dakwah yang terdapat dalam kutipan-kutipan dalam novel kanvas yang relevan dengan agama Islam dan dapat dikategorikan kedalam pesan dakwah yang berisi kutipan ayat dari Al-Qur’an tentang pesan akidah,syariah, dan akhlak. Berdasarkan penelitian penulis, pesan dakwah yang disampaikan sangat jelas disertai dengan perbuatan yang dilakukan oleh tokoh. Namun, masih ada banyak pesan dakwah yang membutuhkan pemaknaan lagi sebab banyak dari pesan dakwah tersebut masih menggunakan makna konotasi yang memerlukan renungan lagi untuk mengetahui makna sebenarnya dari pesan dakwah tersebut. Penulis merekomendasikan penelitian ini untuk penulis novel kanvas, pembaca novel, serta untuk peneliti selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pradani, Shafira Fitrishafirafitrip@gmail.comB91217092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdhitama, Tias Satriotiasadhi78@yahoo.com2009057801
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah; Novel; Analisis Semiotika Roland Barthes.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Shafira Fitri Pradani
Date Deposited: 22 Oct 2021 04:59
Last Modified: 22 Oct 2021 04:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50687

Actions (login required)

View Item View Item