Sufistik dalam Tafsir AL-Rahib Karya Syaikh Rajab DIB: studi mahabah dan makrifat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Fareni, Zanuba (2016) Sufistik dalam Tafsir AL-Rahib Karya Syaikh Rajab DIB: studi mahabah dan makrifat. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zanuba Al Fareni_F15212239.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis yang berjudul “Sufistik dalam Tafsir al-Rahib Karya Syaikh Rajab Dib, Studi Mahabah dan Makrifat”, dilatar belakangi oleh adanya pemahaman para sufi terhadap term mahabah dan makrifat yang diinterpretasikan dengan kata-kata rumit, metaforis, dan tidak bisa dijangkau pemahamannya oleh orang awam karena memang interpretasi itu muncul karena berdasar pengalaman pribadi mereka dalam perjalanan spiritual yang dijalaninya. Oleh karena itu, Penelitian dalam tesis ini diharapkan mampu memberikan pemahaman tentang mahabah dan makrifat secara sederhana berdasar al-Qur’an melalui penafsiran Rajab Dib yang bercorak tafsir sufi ishari dan memberikan pedoman kepada manusia yang ingin menjalani suluk spiritual melalui pendekatan tasawuf dengan melakukan tahapan amalan yang ditetapkan. Penelitian ini merumuskan dua masalah, pertama, mengenai metode yang dipakai oleh Rajab Dib dalam menafsirkan al-Qur’an. Rumusan masalah kedua adalah mengenai penafsiran Rajab Dib terhadap ayat yang khusus membahas mahabah dan makrifat. Penelitian ini bersifat kualitatif dan model penelitiannya termasuk kategori studi pustaka (library research) dengan objek berupa buku-buku yang berhubungan dengan persoalan yang dibahas. Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini diantaranya: Pertama, sumber yang bersifat primer, yaitu: al-Qur’an dan at-Tafsir al-Rahib karya Syaikh Rajab Dib. Kedua, data sekunder, akhlaq al-Qur’an karya al-Sharbasi, Zikr Allah Ta’ala kamafi al-Kitab wa Sunnah karya Syaikh Rajab Dib, Mawsu’ah at-Tasawwufal-Islami karya tim dari Wizarah al-Awqaf Kairo, al-Risalah al-Qushairiyyah karya Imam Qushairi, Kasyf al-Mahjub karya al-Hujwiri dan sumber lainnya.Hasil penelitian tentang mahabah dan makrifat dalam Tafsir al-Rahib menghasilkan kesimpulan bahwa: pertama, metode yang dipakai dalam menafsirkan al-Qur’an menggunakan metode iqtiran, metode bayani, metode tafsili, dan metode tahlili serta memiliki corak sufi dan fikih dalam aliran tafsirnya. Kedua, mahabah kepada Allah menurut Rajab Dib direalisasikan dengan perbuatan ditandai dengan ketaatan terhadap perintah dan larangan-Nya tanpa merasa berat dan malas. Kecintaan manusia kepada Allah akan menimbulkan hal positif diantaranya sifat rida, shawq, uns, mujahadah, dan lainnya serta mendapat ampunan dari Allah. Sedangkan makrifat adalah hak prerogatif Allah yang diberikan kepada hamba yang dikehendaki-Nya, dan manusia harus tetap berusaha untuk mendapatkannya. Untuk mendapatkannya Rajab Dib menjelaskan langkah-langkah menuju makrifat dimulai dari hidayah, istikamah, zikir, muraqabah, khusyuk, khawf, ilmu dan dakwah, tarbiyah dan tazkiyyah, shafa dan tasfiyyah, shuhud, tajali, al-birr wa al-sujud serta nikmat zahir dan batin. Dengan memahami dua konsep ini berdasar penafsiran Rajab Dib, diharapkan mampu memberi wawasan yang cukup sederhana dan aplikatif bagi siapapun yang ingin meneliti lebih dalam tentang mahabah dan makrifat serta kemudahan dalam melaksanakannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Fareni, Zanubaeniernawati12121990@gmail.comF 152.122.39
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, Burhanpps@uinsby.ac.id2021125501
Subjects: Tafsir
Keywords: Tafsir al-Rahib Karya Syaikh Rajab Dib; Sufistik; Mahabah dan Makrifat.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hj. Zanuba Al Fareni
Date Deposited: 26 Oct 2021 14:15
Last Modified: 26 Oct 2021 14:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50696

Actions (login required)

View Item View Item